Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Rabu, 02 September 2009

Viar Diduga Langgar Desain Yamaha


foto:edo

JAKARTA- Produsen sepeda motor Viar, PT Triangle Motorindo, Semarang, Jawa Tengah, diduga melanggar desain yang didaftarkan oleh Yamaha Motor Co., Ltd, Japan. Terkait hal itu, kepolisian telah menyita produk Viar yang diduga menjiplak kepunyaan Yamaha itu, di Semarang, Jawa Tengah dan Lampung.
Siaran pers yang diterima redaksi menyebutkan, motor Viar yang diduga melanggar hak cipta desain Yamaha itu adalah motor Viar Starfit Z dan Viar Star MX. Keduanya mirip dengan Yamaha Jupiter Z dan Yamaha Jupiter MX yang diproduksi PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI).
Yamaha Jupiter Z dan Yamaha Jupiter MX diproduksi oleh YMKI yang merupakan agen tunggal pemegang merek (ATPM) sepeda motor Yamaha di Indonesia. Perusahaan tersebut sudah sekitar 35 tahun beroperasi di Indonesia. Saat ini berada di posisi kedua penguasa pangsa pasar sepeda motor di dalam negeri. Tahun lalu, volume penjualan YMKI sebanyak 2,46 juta unit dengan pangsa pasar 39,7%. Di posisi pertama masih bertengger PT Astra Honda Motor (AHM), ATPM motor Honda dengan volume 2,87 juta unit, dengan pangsa pasar 46,2%.
Kembali soal pelanggaran desain. Marketing Communication Supervisor PT Triangle Motorindo Marzuki, seperti dikutip detikOto, Rabu (2/9), mengakui bahwa pihaknya memang memproduksi sepeda motor yang mirip milik Yamaha. Namun, ia mengaku produk tersebut tidak mengganggu penjualan Yamaha.
Selain disita polisi, kata Marzuki, pihaknya juga diminta menghentikan produksi merek yang mirip milik Yamaha. "Yang jelas, mereka (polisi) hanya minta produksi distop," ujar dia.
Manajemen YMKI mengakui bahwa langkah yang ditempuh prinsipal mereka di Jepang, sudah dimulai beberapa waktu lalu. “Bahkan iklannya dipasang di Kompas. Dalam iklan tersebut diperingatkan kepada produsen yang memproduksi mirip dengan Yamaha Jupiter,” ujar Promotion Supervisor YMKI Indra Dwi Sunda, baru-baru ini.
Seorang pebisnis sepeda motor yang enggang disebut jatidirinya mengatakan, bisnis sepeda motor Mocin yang meniru sepeda motor Jepang sudah marak sejak awal 2000. “Saat itu yang terpenting harganya murah, konsumen mencarinya. Terlebih di daerah,” kata dia.
Di pasaran, harga produk Mocin hampir separuh dari harga motor Jepang.
Siaran pers Yamaha Motor Co., Ltd, Japan menyebutkan, salah satu nomor pendaftaran yang diduga dilanggar produsen Viar adalah ID0013052-D untuk sepeda motor, ID0012820-D untuk penutup pegangan sepeda motor dan ID0012823-D untuk lampu belakang sepeda motor.
Sepanjang Januari-Juli 2009, YMKI telah menjual 354 ribu unit sepeda motor Yamaha Jupiter Z dan Yamaha Jupiter MX. Angka itu turun dibandingkan periode sama 2008 yang mencapai 524 ribu unit. (edo rusyanto)

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian