Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Sabtu, 14 November 2009

Yamaha Masih Melenggang di Skutik


foto:edo

FENOMENA scooter automatic alias skutik terus bergulir. Jenis sepeda motor yang satu ini memang fenomenal. Di penghujung tahun 2000-an ini, penguasaan pangsa pasarnya terus menohok.

Pada Januari-Oktober 2009, penguasaan pangsa pasar skutik mencapai 37,7% atau sebanyak 1.789.810 unit dari total pasar sepeda motor domestik sebanyak 4.753.690 unit. Bandingkan dengan 2007 dan 2008 yang masing-masing baru mencapai 17,97% dan 26%. Fantastis!

Penguasa pangsa pasar segmen skutik masih Yamaha. Sepanjang 10 bulan 2009, Yamaha yang di Indonesia diageni oleh PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), menguasai 54,5% pasar domestik dengan penjualan sebanyak 972.609 unit. Angka itu melesat 36,9% dibandingkan periode sama 2008 sebanyak 710.332 unit. Pada periode itu, penguasaan pangsa pasar Yamaha sebanyak 53,99% dari total pasar sebanyak 1.315.591 unit.

Lonjakan penguasaan pangsa pasar Yamaha yang mengusung produk Mio dan Mio Soul itu, boleh jadi juga dipengaruhi oleh nihilnya penjualan pelopor skutik, Kymco. Oktober ini, Yamaha membanderol Mio Rp 11,51 juta untuk jenis jari-jari dan Rp 12,28 juta untuk Mio cast wheel (CW) atau yang populer disebut velg racing. Sedangkan untuk Mio Soul dibanderol Rp 13,4 juta.


Honda Menguntit
Jurus Yamaha menguasai pasar bukan tak dimonitor pesaing. PT Astra Honda Motor (AHM), agen tunggal pemegang merek (ATPM) sepeda motor Honda, terus menguntit dengan membesut varian baru di lini skutik. Honda memiliki tiga peluru yakni Honda Vario CW, Honda Beat, dan yang paling anyar, Honda Vario Techno CBS.

Januari-Oktober 2009, AHM menjual 673.641 unit setara dengan penguasaan pangsa pasar 37,6%. Dibandingkan periode sama 2008, penjualan tersebut naik 61,89% mengingat pada saat itu penjualan Honda sebanyak 416.101 unit, dengan pangsa pasar 31,62%.

Sengitnya persaingan di posisi pertama dan kedua, tak terjadi untuk di posisi ketiga. Pada posisi ini, Suzuki masih anteng nyaris tanpa pesaing yang membayangi. Sepuluh bulan 2009, penjualan Suzuki sebanyak 143.560 unit dengan pangsa pasar 8%. Sementara itu, pada periode sama 2008 penjualan Suzuki sebanyak 184.702 unit, dengan meraih pangsa pasar 14,03%. Suzuki memiliki tiga produk andalan di segmen skutik, yakni Spin, Skywave, dan Skydrive.

Secara kumulatif, selama Januari-Oktober 2009 penjualan skutik domestik naik 36,04% menjadi 1.789.810 unit dibandingkan periode sama 2008 yang sebanyak 1.315.591 unit. (edo rusyanto)

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian