Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Minggu, 03 Januari 2010

Saat IBC Membidik Anak Anak


foto:dok IBC





kalau ku naik motor pakai helm 2x
kalau ku naik motor selalu pakai helm
kalau ku naik motor pakai helm

kalau ku nyebrang jalan tengak tengok 2x
kalau ku nyebrang jalan, lihat kiri dan kanan
kalau ku nyebrang jalan tengak tengok

kalau ku naik motor dua orang 2x
kalau ku naik motor, tak boleh banyak-banyak
kalau ku naik motor dua orang


SYAIR di atas dinyanyikan puluhan anak-anak usia 7-15 tahun pada suatu siang awal 2010. Anak-anak itu tergabung dalam komunitas Belajar Sambil Bermain (BSB) Plus Alang Alang, Ciawi, Bogor, Jawa Barat.
Suara khas bocah dan riuhnya tepuk tangan menghipnotis rombongan Independent Bikers Club (IBC) yang dipimpin Edo Rusyanto, penggiat keselamatan bersepeda motor (safety riding).
Ya. Sabtu, 2 Januari 2010 itu, di tengah hujan deras, IBC menggelar aksi pertamanya dalam program Save The Children (STC). "Program ini bagian dari rasa tanggungjawab kami kepada masyarakat," papar Edo yang juga penggiat di Road Safety Association (RSA).
Anak-anak menjadi pilar penting dalam menanamkan kesadaran berlalu lintas. Maklum, tahun lalu, anak-anak yang tewas akibat kecelakaan di jalan, mencapai 260 ribu jiwa. Organisasi internasional menyebutkan, kecelakaan di jalan bakal menjadi pembunuh nomor wahid bagi anak-anak jika tidak ada aksi serius untuk menanganinya. Total korban kecelakaan di jalan sepanjang tahun lalu ditaksir sekitar 1,3 juta jiwa. Sekitar 19 ribu jiwanya dikontribusi Indonesia.
"Perilaku agresif dan ugal-ugalan di jalan salah satunya dipicu oleh penanaman perilaku yang keliru di usia golden age yakni di usia 3-9 tahun," papar Karina, penggiat BSB Plus Alang Alang.
Menurut Edo, program STC memiliki dua makna, pertama, berupaya mensosialisasikan berlalulintas di jalan yang aman dan selamat kepada anak-anak. Kedua, mengajak para orang tua agar lebih bertanggungjawab saat berlalulintas di jalan. “Anak-anak bisa menjadi korban langsung kecelakaan dan menjadi korban tidak langsung akibat orang tuanya menjadi korban kecelakaan,” papar Edo.
Sepanjang 2010, kata dia, IBC berniat menggelar penyuluhan di Jakarta, Bogor, Bekasi, Semarang, dan Jogjakarta. “Kami juga menggelar satu seminar pada April 2010 terkait keselamatan berkendara dan keselamatan anak-anak,” jelasnya.

Hati-hati Yuk
Fatya, anggota IBC yang mengajak anak-anak BSB plus Alang Alang untuk menyanyikan lagu di atas, menyelipkan pesan agar para anak-anak hati-hati saat menyeberang jalan. “Jangan lupa lihat kiri kanan dan kalau naik motor pakai helm yah,” ujar Fatya, yang sehari-hari adalah jurnalis di Investor Daily.
Dalam penyuluhan Sabtu itu, IBC mengusung materi dasar seputar lalu lintas dan bersepeda motor. Materi itu mencakup pengenalan rambu lalu lintas, tugas polisi lalu lintas, pentingnya memakai helm, dan berboncengan yang tidak boleh melebihi dari dua orang. “Artinya, naik sepeda motor hanya berdua yaitu pengendara dan satu penumpang,” ajak Edo kepada anak-anak.
Sementara itu, Wakil Ketua IBC Rio Winto mengajarkan kepada anak untuk memakai helm yang benar. “Kalau pakai helm, harus diklik yah supaya aman,” papar Rio.
Pentingnya mengajak anak-anak agar berboncengan tidak lebih dari dua orang karena belakangan ini marak orang tua yang memaksakan anaknya untuk berboncengan lebih dari dua bahkan hingga lima orang. “Kalau boncengan dengan anak kecil memangnya dilarang undang undang ya kak?” tanya Mirna, salah satu peserta.
Sontak Edo memaparkan aturan itu. UU No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) bersepeda motor lebih dari dua orang bakal terancam sanksi kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu.
Sontry Napitulu, pengurus IBC yang bertanggung jawab soal safety riding menambahkan, bersepeda motor hingga empat orang, bakal menganggu manuver pengendara. “Akan mengganggu saat berbelok atau ketika harus bereaksi saat pengereman mendadak, hal itu bisa memicu kecelakaan,” jelas Sontry. (edo rusyanto)

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian