Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Minggu, 24 Januari 2010

Skutik Yamaha Masih Juara

foto:edo


SIAPA yang tak kenal Yamaha Mio atau Mio Soul? Kedua produk scooter automatic alias skutik, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) itu, nyaris setiap saat berseliweran di depan mata kita para pengguna jalan. Maklum, populasi mereka paling tinggi di antara skutik produk lain.

Sepanjang 2009, rata-rata penjualan skutik YMKI mencapai 103.108 unit per bulan atau setara dengan 1.237.302 unit yang berhasil dilego agen tunggal pemegang merek (ATPM) sepeda motor Yamaha itu. Penjualan tersebut naik 42,6% dibandingkan 2008 yang sebanyak 867.398 unit.

Pangsa pasar Yamaha di segmen skutik tahun lalu mencapai 55,77%, naik dibandingkan 2008 yang sebesar 53,8%. Sementara itu, PT Astra Honda Motor (AHM), ATPM sepeda motor Honda, membuntuti di posisi kedua dengan pangsa pasar 38,84%. AHM menjagokan Honda Vario dan Honda Beat untuk segmen skutik. Sedangkan di posisi ketiga masih digenggam PT Indomobil Suzuki Motor (ISM), ATPM Suzuki dengan pangsa pasar 5,39%.

Khusus Piaggio yang diageni PT Daanmotor, sepanjang 2009 tercatat tidak menjual produk mereka. Praktis pasar tersebut digarap oleh Yamaha. Sebenarnya, bukan hanya pasar Piaggio yang diambil, market share Suzuki juga termasuk yang digerogoti Yamaha. Pada 2008, Suzuki masih menguasai 13,1%, tapi kini melorot drastis.

Bisnis sepeda motor skutik tergolong legit. Permintaan dari konsumen juga terus membubung. Pada 2008, pangsa pasar skutik terhadap total pasar sepeda motor domestik baru sekitar 26%, namun pada 2009 melejit menjadi 37,72%.

”Memakai skutik biar lebih santai dan tidak capek aja, juga sekaligus bisa dipakai oleh isteri,” ujar seorang bikers yang migrasi dari segmen sport ke skutik.

Ya. Mayoritas konsumen skutik menyebutkan unsur kepraktisan sebagai alasan utama untuk memilih skutik. Terlebih bagi konsumen yang tinggal di kota-kota besar dengan kadar kemacetan lalu lintas jalan yang cukup tinggi. Skutik memberi kenyamanan tanpa membuat lelah bikers untuk menarik tali kopling. Istilahnya, bikers skutik cukup narik gas dan rem saja untuk meliuk di tengah kemacetan lalu lintas jalan.

Lalu bagaimana persaingan pada 2010? Sayup-sayup terdengar bahwa AHM bakal menggulirkan Honda Beat versi velg jari-jari pada Januari ini. Sedangkan sang pemimpin pasar masih mengelus-ngelus jagonya. Melihat masih amat menggiurkannya pangsa pasar skutik, bisa ditebak para ATPM bakal menawarkan produk-produk baru di segmen tersebut. Walaupun, sebatas perubahan wajah alias facelift dengan mengganti striping atau tampilan lampu. Kita lihat saja. (edo rusyanto)

1 komentar:

Nova Imoet mengatakan...

metik skrg merajai jalan raya Indonesia..
apalgi MIO

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian