Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Sabtu, 10 Januari 2009

2008, Penjualan Motor Cetak Rekor Tertinggi


Penjualan sepeda motor pada 2008 cetak rekor tertinggi sepanjang sejarah yakni 6,2 juta unit. Penjualan pada 2008 bertumbuh 32% dibandingkan 2007.
Puncak penjualan sepeda motor sempat mencapai 5.089.425 unit pada 2005. setelah itu, menurun 4 .470.722 unit pada 2006 karena kebijakan pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) rata-rata 125% pada September 2005. namun, penjualan kembali merangkak naik pada 2007 yakni menjadi 4.713.895 unit.
Beberapa faktor pendorong meningkatnya penjualan pada 2008 adalah pertama, murahnya uang muka pembelian kredit bahkan ada yang berani mematok Rp 500 ribu dan mudahnya persyaratan kelengkapan administrasi yang hanya berupa kartu keluarga (KK) dan rekening listrik. Kedua, melonjaknya harga-harga komoditas di pasar internasional yang mendorong daya beli di dalam negeri. Ketiga, konsumen memilih menggunakan sepeda motor sebagai sarana transportasi ketimbang moda angkutan umum yang belum nyaman dan aman.
Di luar ketiga faktor itu, gencarnya pemanufaktur atau agen tunggal pemegang merek (ATPM) memasang iklan di berbagai media massa, khususnya televisi. Iklan menjadi salah satu pemicu calon konsumen memutuskan untuk membeli sepeda motor. Sementara itu, maraknya komunitas atau kelompok sepeda motor juga turut memicu penjualan. Bagaimana bisa? Kelompok sepeda motor disadari atau tidak menjadi ’pemasar’ ATPM karena menyebarluaskan semangat kebersamaan dalam berkendara. Termasuk penyebarluasan kelebihan sepeda motor bahkan memicu loyalitas pada merek tertentu.
Bagaimana dengan penjualan sepeda motor pada 2009? Sejumlah kalangan memprediksi penjualan bakal tetap melenggang. Prosentase pertumbuhannya memang ditaksir bakal berkurang dibandingkan pertumbuhan 2008.
Sepeda motor masih menjadi alternatif sebagai sarana transportasi bagi masyarakat kebanyakan. (edo)

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian