Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Sabtu, 03 Januari 2009

Touring ke-8 IBC, Refleksi dan Penyegaran

KAWASAN Gunung Bunder, Bogor, masih gelap. Dua belas sepeda motor asyik meliuk-liuk di jalan aspal mulus menjelang kawasan wisata yang dikelola Perum Perhutani, Departemen Kehutanan. Dinihari jelang pukul 03.00 WIB, rombongan Independent Bikers Club (IBC) usai menempuh perjalanan hampir 72 kilometer (km) dari Jl Sudirman, Jakarta Pusat. Waktu tempuh hampir sekitar 3 jam melalui rute Jl Sudirman, Jl Gatot Subroto, Pancoran, Jl Raya Ps Minggu, Jl Margonda, KSU Depok, Jl Raya Bogor, Wr Jambu, Jl Raya Baru Parung, Yasmin, Darmaga, Cibatok, Pamijahan dan terakhir di Gn Bunder.
Tim yang mengendarai motor dipimpin Alam, ketua panitia touring ke-8 IBC, 26-28 Desember 2008. Di belakang alam terdapat Edo, Tata, Rio, Sontri, Ari, Irfan, Acoy, Rino, Hidayat, Indra, dan Ogenk. Sementara itu di mobil Bani, ikut serta Salma dan Euis serta Lau dan Kayo, putra putri Bani.
Setelah istirahat dan sarapan, sekitar pukul 09.00 WIB tim IBC bersiap-siap menempuh ritual berjalan menempuh air terjun. Sejak berdiri 30 Desember 2006 IBC telah menggelar 7 kali touring dan sudah 6 kali pula ritual berjalan ke air terjun dilakoni tim IBC. Selain penyegaran, saat di air terjun, IBC melakukan ritual pelantikan calon anggota menjadi anggota biasa IBC. Pelantikan dilakukan dengan penyematan pin. Selain itu, moment tersebut juga dipakai untuk penyerahan trophy bergilir pernikahan IBC. Trophy ini diberikan kepada anggota IBC yang menikah. Nama pasangan pengantin ditulis di trophy sekaligus lokasi dan tanggal pernikahan. Pemegang trophy akan digantikan jika ada anggota yang menikah selanjutnya.

Syukuran dan Refleksi
Pelantikan Sontri dan Rino berjalan mulus setelah menempuh perjalanan 500 meter dari lokasi villa Lokapurna, Gn Bunder. Lokapurna memiliki 3 villa dan 1 aula pertemuan. Perjalanan menuju air terjun Curug Ngumpet sempat tersendat karena tiba-tiba turun hujan, rombongan singgah di warung kopi di kawasan air terjun.
Usai pelantikan, rombongan menikmati makan siang di villa. Sebagaimana tradisi touring IBC, 15 anggota yang ikut touring kali ini terlibat dalam kegiatan aneka lomba kelompok. Hadiahnya beragam. Mulai dari yang terkait sepeda motor hingga flashdisc.
Aneka lomba menciptakan kesegaran bagi anggota. Jelang petang dan sholat maghrib, sebagian masih terlibat diskusi informal mengenai safety riding. Sebagian lagi mandi dan bersiap mengikuti refleksi akhir tahun IBC pada pukul 19.30 WIB.
Usai sholat isya, rombongan IBC satu per satu berkumpul di ruang tertutup villa seberang tempat menginap rombongan IBC. Edo sebagai ketua IBC mengajak seluruh anggota mengevaluasi kegiatan yang sudah dilakukan sepanjang 2008. Pada tahun itu, IBC menggelar 3 kali touring, 1 kali event ICE 2008, diskusi, bakti sosial, hingga 2 kali safety riding goes to school (SRGTS).
Refleksi kegiatan yang digelar selama satu tahun dan dua tahun IBC berdiri mendorong seluruh anggota untuk lebih solid dalam melakukan kegiatan pada 2009. Sedikitnya 13 kegiatan bakal digelar IBC pada 2009. Refleksi yang diselingi dengan penyerahan hadiah lomba dan pemutaran video safety riding ditutup dengan makan nasi tumpeng.
Pagi hari, skitar pukul 08.30 WIB, rombongan 11 motor IBC meninggalkan villa Lokapurna, maklum 1 motor yakni Rio, pulang lebih dulu sekitar pukul 04.00 WIB. Sebelas motor dan satu mobil turun menelusuri rute berbeda dibandingkan saat datang ke villa. Sempat dua kali, Alam yang memimpin rombongan keliru mengambil jalan. Untung segera diingatkan oleh Edo sang Ketua IBC.
Rombongan memutuskan untuk istirahat dan makan antara pagi dan siang di sebuah rumah makan di rute Gn Bunder-Curug Nangka. Usai makan, rombongan melaju menuju kota Bogor dan melintasi pertigaan Curug Nangka, tempat dideklarasikannya IBC dua tahun lalu. Jelang tengah hari, rombongan berpisah di Wr Jambu, Ari, Rino, dan Alam langsung pulang melalui rute Jl Baru Parung, selebihnnya menempuh jalur pergi yakni melalu jalan Pemda masuk dari Talang, Kedunghalang. Rombongan yang dipimpin Edo bersiap menuju Ragunan, Jakarta Selatan untuk menghadiri hari jadi ke-5 Honda Supra Jakarta (HSJ). Hanya Hidayat yang berpisah untuk langsung pulang ke Cibubur.
Jelang pukul 14.00 WIB, rombongan IBC yang menghadiri ultah HSC sudah berkumpul di Ragunan. Usai bersalam-salaman dengan ketum dan pengurus HSJ, Edo dan Tata, pulang lebih dulu. Selebihnya Sontri, Irfan, Ogenk, dan Indra masih bertahan. Sayup-sayup terdengar alunan musik dangdut dari lokasi perayaan hari jadi HSJ. (edo)

3 komentar:

amir mengatakan...

Top juga IBC yah. Bro, Forwot (Forum wartawan otomotif) jg mo ke sono 31 Januari. Pamijahan itu Kawasan Wisata Salak Endah Bukan?
Wah, boleh jadi gaet ne,

Edo Rusyanto mengatakan...

siap bro amir. smoga jadwalnya gak bentrok ama liputan yah. salam

indra mengatakan...

Itu memang touring menyenangkan....
apalagi pas makan gurame bakar tuh ama sayur asem...muanntappp..ampe lupa pulang...
hehehehhe

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian