Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Sabtu, 03 Januari 2009

Premium Langka (Lagi)

Konsumen bahan bakar minyak (BBM) premium terpaksa kecewa. Sepanjang Jumat (2/1), pasokan premium di sejumlah stasiun pompa bensin umum (SPBU) di Jabodetabek tersendat-sendat. Premium menghilang.
Pantauan penulis di SPBU sepanjang Jl Raya Bogor beberapa pompa bensin menggantungkan tulisan ’premium habis’. Salah satunya adalah SPBU di dekat Pool Mayasari Bhakti. ”Gawat nih premium habis, padahal punya saya sudah tiris,” tutur Wawan, seorang pengendara sepeda motor yang berniat membeli premium di SPBU itu.
Ada apa gerangan? ”Mereka (pengusaha SPBU) ragu untuk menebus dan tidak mau mengambil BBM,” tutur Achmad Faisal, direktur pemasaran dan niaga Pertamina, di Jakarta, Jumat (2/1), seperti dikutip Investor Daily, Sabtu/Minggu (3-4 Januari 2009).
Pengusaha SPBU was-was jika membeli BBM dalam jumlah banyak, tiba-tiba pemerintah jadi menurunkan harga BBM pada 15 Januari 2009. ”Kalau pesannya banyak, tiba-tiba harga BBM turun, kami akan rugi besar seperti yang terjadi beberapa waktu lalu,” ujar seorang pegawai SPBU di Tanah Kusir, Jakarta Selatan.
Pada 15 Desember 2008, pemerintah menurunkan harga BBM dan saat itu para pengusaha SPBU mengaku rugi Rp 20 miliar per hari.
Benarkah kelangkaan premium akibat pengusaha SPBU dengan sengaja menunda penyerahan permintaan pasokan BBM terkait kompensasi margin keuntungan penjualan jika BM jadi diturunkan pemerintah dalam waktu dekat ini? ”Isu itu tidak benar,” tukas Ketua Himpunan Wiraswasta nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) M Nur Adib, Jumat.
Ia menuding bahwa kelangkaan terjadi akibat pengubahan sistem komputerisasi di Pertamina yakni dari pola system, applications, and productions in data processing (SAP) menjadi MySAP. SAP adalah sistem perangkat lunak jenis enterprise resource planning (ERP) yang akan mencatat secara terintegrasi sebagai proses transaksi perusahaan, dari bagaimana proses produksi, penjualan dan seberapa banyak transaksi yang terjadi, hingga data berapa suplai yang diperlukan. ”Karena sistem online ini (MySAP) baru digunakan mulai 1 Januari maka wajar jika ada sedikit gangguan,” kata Faisal. (edo)

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian