Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Kamis, 12 Februari 2009

2009, YMC Diperkirakan Merugi




Penurunan penjualan sepeda motor dan penguatan yen diperkirakan akan mendorong Yamaha Motor Corporation (YMC), Jepang, merugi untuk pertama kalinya dalam 26 tahun terakhir pada 2009.
Hal itu diungkapkan perusahaan Jepang tersebut, di Tokyo, Kamis (12/2).
Sebagaimana dilansir Antara, Kamis, YMC telah menikmati rekor penjualan tinggi hingga krisis ekonomi mulai menahan permintaan untuk produk-produknya, yang juga termasuk mesin perahu dan mesin pembajak tanah. Laba bersih turun 97,4% pada 2008 menjadi 1,85 miliar yen atau sekitar US 20,5 juta Setelah mencapai rekor tertinggi pada 2007, pendapatannya jatuh 8,7% menjadi 1,60 triliun yen dalam 12 bulan yang berakhir Desember 2008. YMC menyatakan lebih sedikit orang yang diperkirakan membeli sepeda motor tahun ini, sekalipun di pasar-pasar yang ulet seperti di Asia dan Amerika Latin. Pada waktu yang sama, yen menguat menggerogoti pendapatan luar negerinya. Kelompok usaha itu memperkirakan kerugian bersih 42 miliar yen untuk 2009. Pendapatannya diperkirakan turun 22,1% menjadi 1,25 triliun yen. "Penjualan telah memburuk dengan cepat sejak November, akibat menurunnya permintaan dan menguatnya yen," kata manajemen Grup itu. Produsen sepeda motor itu mengatakan, pihaknya akan mengurangi produksi di seluruh pabriknya, untuk memangkas biaya dan investasi dalam upaya menahan kerugian.
Namun, manajemen PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), belum lama ini saat disinggung soal pengurangan produksi justeru mengaku tidak mengurangi produksi. Dengan kapasitas sekitar 3 juta unit per tahun, YMKI justeru menaksir volume penjualan bakal naik sedikitnya 5% pada 2009. “Kami tetap bisa tumbuh ya setidaknya 5%,” tutur Wakil Presdir YMKI Dyonisius Beti, kepada saya, usai jumpa pers kedatangan Valentino Rossi, di Jakarta, Senin (9/2). Pada 2008, YMKI menjual sekitar 2,4 juta unit sepeda motor atau naik sekitar 35% dibandingkan 2007 sebesar 1,83 juta unit. (edo rusyanto)

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian