Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Rabu, 18 Februari 2009

AHM Investasi US$ 30 Juta Bikin Pabrik Velg

PT Astra Honda Motor (AHM), agen tunggal pemegang merek (ATPM) motor Honda, akan membangun pabrik velg casting wheel (CW) berkapasitas 500 ribu unit per tahun. Pembangunan pabrik velg ini ditaksir bakal menelan dana sekitar US$ 30 juta.

Direktur Industri Alat Transportasi Darat dan Kedirgantaraan Ditjen Alat Transportasi dan Telematika Departemen Perindustrian (Depperin) Panggah Susanto mengatakan, kegiatan produksi velg diperkirakan akan dimulai pada semester II tahun ini. “Sebagai awal kira-kira membutuhkan dana sekitar US$ 30juta,” ujar Panggah di Jakarta, Selasa (17/2).

Panggah menerangkan,lokasi pabrik akan berada di pabrik AHM yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat. Sejauh ini AHM telah mulai membeli mesin-mesin untuk keperluan produksi.

Menurut Panggah, kapasitas produksi nantinya akan terus ditingkatkan menjadi 1 juta unit setahun. Namun Panggah tidak mengetahui kapan rencana ini akan direalisasikan.

Wakil Presiden Direktur AHM Siswanto Prawiroatmodjo membenarkan AHM akan membangun pabrik velg CW. Tujuannya, kata dia, untuk mendukung kegiatan produksi sepeda motor. Saat ini, menurut Siswanto, penjualan sepeda motor Honda mulai didominasi oleh motor-motor bervelg CW.

Selama ini, kata dia, AHM kekurangan pasokan velg CW dari vendor seiring melonjaknya permintaan. Untuk itu AHM tergerak untuk membuat pabrik velg sendiri.
”Semua dilakukan agar kesempatan yang ada tidak hilang karena kekurangan pasokan,” kata dia.

Berdasarkan penelusuran, seluruh model Honda dipasarkan dalam dua jenis velg, yakni CW dan jari-jari (spoke). Hanya Honda Beat yang ditawarkan dalam velg CW.

Siswanto memastikan produksi pabrik CW AHM tidak akan meraup pasar para pemasok lokal yang selama ini memasok ke AHM. Dia menambahkan, produk velg yang di produksi nantinya hanya akan memasok kebutuhan untuk segmen original equipmet manufacturer (OEM).

Saat ini AHM memiliki kapasitas produksi terpasang sebanyak 3 juta unit per tahun. Tahun lalu penjualan AHM melejit 33% menjadi 2,8 juta unit. Honda merupakan pemimpin pasar motor nasional dengan pangsa pasar 46% per Desember 2008.

Direktur Pemasaran AHM Johannes Loman AHM menargetkan menguasai 48% pasar motor pada tahun ini dari total pasar sebanyak 4-5 juta unit. Namun tidak tertutup kemungkinan pasar motor akan sama seperti tahun lalu sebesar 6,2 juta unit jika kondisi makro ekonomi membaik. (coy)

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian