Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Senin, 16 Februari 2009

Demokrasi 3,5 Jam






ANGIN berhembus kencang. Kertas yang berada di atas lantai beterbangan. Bahkan gelas plastik bekas air minum dalam kemasan (AMDK) juga tidak luput. Sejumlah anggota Minerva Riders Community (MRC) yang duduk lesehan di lantai anjungan Nusa Tenggara Barat (NTB), TMII, Jakarta Timur, menimpali hembusan angin dengan celoteh beragam. ”AC nya kenceng banget,” cetus seorang anggota. Sedang apa di TMII? Piknik keluarga?
Hari itu, Sabtu (14/2), sekitar pukul 11.40 WIB, sebanyak 40 anggota komunitas sepeda motor buatan Cina itu, sedang menanti pelaksanaan pemilihan ketua umum MRC periode 2009-2011. ”Sejak dipilih secara aklamasi pada 13 April 2008, saya berkomitmen hanya menjadi ketua umum selama satu tahun. Hari ini merupakan sejarah bagi MRC untuk memilih ketua baru,” tutur bro Ery Firman, ketua umum (ketum) MRC, saat memberi sambutan pembukaan pemilihan ketua umum (pilketum) pertama MRC. Ery juga sekaligus menyatakan demisioner kepengurusan yang ia pimpin.
Bro Edo Rusyanto selaku ketua panitia pelakana pilketum 2009 selanjutnya memimpin jalannya sidang. Dibantu oleh bro Ana selaku notulensi dan belakangan oleh bro Hamasi selaku juru tulis penghitungan suara. Dua anggota panpel pilketum lainnya tidak bisa hadir karena kesibukan bekerja yang tidak bisa ditinggalkan yakni bro Ian dan bro Rembang.
Kegiatan hari itu bukan sekonyong-konyong. Sekitar dua bulan sebelumnya sudah disosialisasikan ke seluruh anggota via milis internal MRC. Bahkan, senantiasa diingatkan pada saat kopi darat (kopdar) termasuk kopdar keliling (kopdarling) MRC seperti ke region Depok dan Sukabumi.
Tiga kandidat ketum yang tersaring melalui mekanisme pengajuan bakal calon (balon) via SMS dan email terdiri atas bro Billy MRC#001, bro Irsan MRC#011, dan bro Makmur MRC#051. Proses pemilihan balon melibatkan 100 suara dari 285 anggota per awal Desember 2008.
Dari tiga kandidat ketum yang hadir di anjungan NTB, TMII hanya dua yakni Irsan dan Makmur, sedangkan Billy tidak bisa hadir karena ada pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan. Surat kuasa yang diberikan kepada bro Edo dibacakan di hadapan peserta forum pilketum.
Sebelum memasuki pemungutan suara, pembacaan rancangan tata tertib (tatib) forum pemilihan pilketum sempat diinterupsi bro Makmur. Ia yang juga ketua region Depok berpendapat bahwa pilketum kali ini seharusnya dihadiri oleh seluruh anggota MRC yang per awal Februari mencapai 344 anggota. Dalam rancangan tatib yang akhirnya disetujui forum, pilketum sah jika diikuti dan disetujui oleh ¾ anggota yang hadir.
Sudah menjadi fenomena komunitas sepeda motor. Sangat sulit mengumpulkan seluruh anggotanya dalam suatu kegiatan. Sekalipun sudah dijadwalkan satu atau dua bulan sebelumnya. Maklum, layaknya komunitas yang tidak memiliki aturan sanksi atas ketidakhadiran, membuat setiap individu di kelompok bisa berbuat ’suka-suka’. ”Ya namanya komunitas, tidak ada kata harus,” ujar bro Irsan. Memang butuh motivasi yang besar dan pengurus komunitas sulit memaksakan kehendak kepada anggotanya. Apalagi di MRC yang sedang proses menuju demokratisasi.
Kegiatan pilketum pun akhirnya terus bergulir. Visi dan misi kandidat pertama, bro Billy dibacakan oleh bro Edo. Sedangkan visi misi bro Irsan dilontarkan secara gamblang di hadapan peserta forum. Sedangkan visi misi bro Makmur juga dibacakan bro Edo karena yang bersangkutan enggan maju ke depan ruang pertemuan. Tanya jawab hanya berlangsung terhadap kandidat bro Irsan. Tidak ada yang terlalu istimewa. Pertanyaan bergulir seputar apa yang akan dilakukan oleh kandidat ketum jika terpilih. Mulai dari program kerja jangka pendek hingga jangka panjang. Mulai dari urusan internal MRC seperti memperkuat silaturahmi hingga bagaimana menggalang dana untuk kegiatan. Nyaris tidak ada program yang menyinggung soal safety riding.

Irsan Ketum Baru
Setelah diselingi dengan istirahat makan siang dan sholat dzuhur, pelakanaan pemungutan suarapun digelar. Hasil akhir pilketum MRC 2009 terdiri atas bro Billy (4 suara), bro Irsan (28 suara), dan bro Makmur (4 suara), sedangkan suara tidak sah mencapai 10 suara. Pemungutan suara dilakukan melalui penulisan nama dan nomor data base kandidat di kertas putih secara tertutup lalu dimasukkan ke dalam kotak kardus. Sementara itu, suara yang disampaikan melalui SMS mencapai 10 suara, sehingga total suara yang terlibat sebanyak 46 suara. Satu suara tidak digunakan, karena bro Makmur pulang sesaat jelang pemungutan suara.
Bro Irsan selaku ketum terpilih mengaku bahwa tantangan ke depan bagi MRC cukup besar. Baik dalam penataan internal MRC maupun pengembangan kegiatan-kegiatan MRC.
Pilketum ditutup dengan pesan penutup dari bro Ery sebelum akhirnya berdoa bersama dipimpin bro Edo. Sekitar pukul 15.24 WIB satu persatu anggota MRC meninggalkan TMII. Tidak lupa foto bersama di pelataran anjungan NTB.
Irsan diberi waktu sekitar 1 bulan untuk menyusun kabinetnya. Serah terima jabatan pengurus lama dan pengurus baru bakal digelar pada perayaan hari jadi MRC yang dijadwalkan pada 25 April 2009 di Kampung Artis, Cipayung, Jakarta Timur.
Pembelajaran demokrasi yang berlangsung sekitar 3,5 jam bagi MRC diharapkan kian mendewasakan komunitas sepeda motor Cina itu. Demokratis dalam memilih ketua, perbedaan pendapat sangat wajar, namun perdebatan yang berlebihan berpotensi pada perpecahan. Demokratisasi harus menjadi roh dalam menjalankan roda organisasi. Selamat. (edo rusyanto)

2 komentar:

agung mengatakan...

lam kenal..
saya jual aksesoris motor neh
liat aja di
autoracingmodifikasi.blogspot.com
thank's
sukses slalu

ciblex mengatakan...

Time Management & People Management mngkin masih harus dibina lagi, semoga kedepannya demokrasi itu bisa lebih baik lagi, atw mngkin perlu reformasi struktur thd orang2 yg berkompeten didalamnya ...
Terima kasih pak Edo atas tugas & tanggungjawabnya dengan baik

Salut....

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian