Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Senin, 16 Februari 2009

Pangsa Pasar Suzuki Merosot 52%


Penguasaan pasar sepeda motor Suzuki anjlok 52% dari 12,7% per Desember 2008 menjadi hanya 6,1% pada Januari 2009. Penjualan Suzuki sepanjang 2008 tercatat sebesar 793.758 unit sedangkan total pasar motor mencapai 6.215.865 unit. Adapun penjualan Suzuki pada bulan lalu mencapai 22.369 unit dari total pasar sebanyak 368.302 unit.

Di saat yang sama, Honda dan Yamaha justru mampu memperbesar pangsa pasar mereka. Pangsa pasar Honda naik dari 46% per Desember menjadi 48,8%, sedangkan Yamaha naik dari 39,6% menjadi 44,2% pada Januari tahun ini. Honda merupakan pemimpin pasar di bisnis motor diikuti Yamaha di posisi kedua dan Suzuki di posisi ketiga.

Pada 2006, pangsa pasar Suzuki dan Yamaha nyaris sama di kisaran 20%. Namun memasuki 2007, Yamaha sukses memompa pangsa pasar hingga mencapai 39% pada 2008. Di sisi lain, pangsa pasar Suzuki justru terus tergerus hingga 6,1% pada Januari 2009.

Presiden Direktur PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (ISI) Gunadi Sindhuwinata menerangkan, penurunan harga komoditas primer seperti kelapa sawit dan karet memukul kinerja Suzuki. Sebab, daya beli masyarakat di sentra utama pemasaran Suzuki seperti di Lampung melemah. “Selain itu, perusahaan pembiayaan juga masih dililit krisis likuiditas,” paparnya ketika dikonfirmasi di Jakarta, Senin (16/2).

Gunadi menolak menjelaskan lebih rinci mengenai rencana bisnis Suzuki pada tahun ini. ISI adalah induk usaha PT Suzuki Indomobil Motor (SIM), agen tunggal pemegang merek (ATPM) mobil dan motor Suzuki.

Sementara itu, pengamat otomotif Suhari Sargo menilai, pasar sepeda motor sangat dinamis ditandai dengan naik turunnya pangsa pasar masing-masing produsen. Dia menilai, turunnya pangsa pasar Suzuki tak lepas dari krisis di tubuh perusahaan pembiayaan (leasing). “Ada problem kredit. Ini sangat berpengaruh karena 90% pembelian motor dibeli dengan cara kredit,” paparnya.

Di samping itu, kata Suhari, jaringan dealer yang dimiliki Suzuki tidak seluas Yamaha dan Honda. Suhari menilai, produk yang dihasilkan Suzuki setara dengan Yamaha dan Honda. Sebab, pada dasarnya, kata dia, secara teknologi dan fungsi, Suzuki tidak kalah dibanding dua merek tersebut. “Yang penting motor itu kan fungsinya dan suku cadangnya murah,” jelasnya.

Suzuki, kata Suhari, hingga kini belum merilis satu model baru pun. Sedangkan kompetitor seperti AHM, kata dia, telah melepas satu model baru. Pada akhir bulan lalu, AHM melepas Absolute Revo 110. Sebelumnya AHM melepas model baru lainnya bernama Blade 110 pada Desember.

Sementara itu, General Manager Motorcycle Marketing Division AHM Sigit Kumala menyatakan, dirilisnya Absolute Revo dan makin kuatnya penetrasi Blade 110 mampu mengangkat pangsa pasar Honda pada Januari. Dua model ini dijadikan Honda sebagai tumpuan untuk memenangkan persaingan di kelas bebek. “Kami memang sudah mempersiapkan launch model baru sehingga pangsa pasar naik,” jelasnya.

Meski begitu, penjualan Honda pada bulan lalu terpangkas 15% menjadi 176.685 unit dibanding Januari 2008 sebesar 208.130 unit. Tahun ini AHM mengincar 46-48% pasar motor nasional. (coy)

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian