Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Jumat, 10 April 2009

Honda Pangkas Produksi CS-1


Rombak Jajaran Direksi


MELAMBATNYA penjualan sepeda motor Honda CS-1, membuat PT Astra Honda Motor (AHM), memangkas produksi motor CS-1 sekitar 90% dari rata-rata 10 ribu unit pada 2008 menjadi hanya 500-1.000 unit per bulan dari Januari-Maret tahun ini. Langkah ini dilakukan untuk mengurangi stok CS-1 di dealer menyusul melemahnya penjualan.
“Sebenarnya penjualan ritel CS-1 cukup lumayan di kisaran 4.000 unit per bulan. Tapi karena stok di pasar tinggi, kami putuskan untuk menurunkan produksi,” ujar Executive Vice President Director AHM Johannes Loman di Jakarta, Rabu (8/9).
Berdasarkan penulusuran, AHM hanya mengirim 1.157 unit CS-1 pada Maret 2009 (wholesales). Jumlah ini jauh berkurang dibandingkan dengan penjualan pada September 2008 sebesar 12.923 unit seperti yang direkap Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI). Meski begitu, penjualan CS-1 pada Maret melonjak 35% dibanding Februari yang hanya 750 unit.
Loman menilai, penurunan penjualan CS-1 terbilang wajar. Sebab, CS-1 bermain di segmen motor yang sempit (niche market). Ini membuat penjualan CS-1 tidak sebesar motor berjenis bebek. “Sulit menawarkan CS-1 kepada pengguna bebek. Jadi saya rasa pasarnya memang tidak terlalu besar,” katanya.
AHM melepas CS-1 sejak April 2008. CS-1 merupakan motor jenis bebek sport yang merupakan persilangan antara bebek (cub) dengan motor sport
Loman menegaskan, AHM akan tetap memproduksi CS-1 meski permintaan tengah melemah. Produksi CS-1, kata Loman, akan digenjot 50% menjadi 1.500 unit pada April. Kemudian produksi akan terus ditingkatkan menuju kisaran 4.000-5.000 unit memasuki semester kedua tahun ini.

Rombak Direksi
Sementara itu, AHM memutuskan untuk merombak jajaran direksi setelah melakukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada 6 April 2009. Johannes Loman yang sebelumnya menjabat sebagai direktur pemasaran menggantikan posisi Siswanto Prawiroatmodjo di pos executive vice president.
Pos yang ditinggalkan Loman diisi oleh Julius Aslan yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur IT, GA dan HR. Posisi yang ditinggalkan Julius kini ditempati oleh Kurniadi.
Jabatan Presiden Direktur masih dipegang Miki Yamamoto. Demikian dengan pos direktur yang lain seperti direktur keuangan dan direktur produksi. “Pergantian Direktur Pemasaran di AHM itu merupakan sebuah rutinitas yang biasa,” ujar Miki Yamamoto.
Tahun ini AHM, kata Miki, memprediksi penjualan turun 17% menjadi 2,3 juta unit dibanding tahun lalu sebesar 2,8 juta unit. Hasil ini akan membawa Honda tetap menjadi pemimpin pasar motor nasional dengan pangsa pasar sekitar 46-48%. Tahun lalu, AHM menguasai sekitar 46% pangsa pasar domestik. (coy)
foto:eko hilman

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian