Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Jumat, 19 Juni 2009

Tiap Hari Bertambah 16 Ribu Motor


SETIAP hari sepeda motor yang bisa dibikin oleh produsen kita mencapai 20.574 unit. Luarrrr biasaaa!
Tahun 2008, penjualan sepeda motor di Tanah Air sebanyak 6,2 juta unit atau 16.986 unit per hari. Bandingkan dengan produksi mobil yang mencapai 1.663 unit per hari atau sekitar 607 ribu unit pada 2008.
Sepanjang Januari-Mei 2009, jumlah motor yang terjual mencapai 13.856 unit per hari, sedangkan penjualan mobil sebanyak 1.066 unit per hari.

Rata-rata pertumbuhan penjualan mobil dan motor setiap tahun bisa menembus 20%. Fantastis!
Tak heran jika populasi sepeda motor bisa mencapai 50 juta unit pada saat ini. Indonesia menempati peringkat ketiga di dunia, setelah Cina dan India.
Apa artinya itu semua? Mari kita tengok yang paling dekat. Jalan-jalan di Indonesia makin penuh oleh motor dan mobil. Maklum, pertumbuhan pembangunan jalan rata-rata per tahun di bawah 5%. Bahkan, khusus di Jakarta, pertumbuhan jalan di bawah 1%. Tak pelak, pengamat memprediksi pada 2015, lalu lintas jalan Jakarta kian amburadul.
Universitas Indonesia menaksir, kemacetan Jakarta menimbulkan kerugian sekitar Rp 43 triliun per tahun.
Selain kemacetan, problem lain yang membuat miris adalah meruyaknya kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa, luka ringan, dan luka parah.
Angkanya? Korban jiwa rata-rata 3 orang per hari. Mengerikan. Kecelakaan masuk dalam 10 besar penyebab kematian di Indonesia. Badan kesehatan dunia (WHO) menyebutkan, 65% korban kecelakaan di Indonesia adalah para pengendara sepeda motor (bikers).
Sebagian orang menilai, makin bertambah kendaraan maka kasus kecelakaan ikut merangkak naik. Pararel.
Apakah artinya jika dibatasi volume produksi kendaraan jumlah kecelakaan juga ikut berkurang? (edo rusyanto)

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian