Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Jumat, 31 Juli 2009

Tips Konvoy Saat Mudik



foto: http://ddhewitte.blogsome.com

Mudik Lebaran membutuhkan persiapan matang bagi para pengendara sepeda motor (bikers). Maklum jarak yang bakal ditempuh puluhan hingga ratusan kilometer (km). Artinya, waktu tempuh bisa mencapai dua hingga belasan jam. Karena itu, butuh fisik dan kendaraan yang prima.
Lebaran Idul Fitri tahun ini jatuh pada 21 September 2009. Dengan jangka waktu yang sekitar 52 hari lagi, para pemudik yang menggunakan sepeda motor bisa lebih mempersiapkan diri lagi.
Merujuk pada pengalaman, beberapa hal yang harus diperhatikan meliputi; Pertama, pastikan kondisi fisik dalam keadaan sehat. Kedua, servis motor Anda. Hal itu agar memastikan kondisi mesin, ban, rem, hingga komponen dalam kondisi bagus. Ketiga, jangan mengangkut lebih dari dua orang. Terlebih membawa balita. Risiko kecelakaan kian terbuka karena konsentrasi pengendara menjadi terganggu. Keempat, pastikan beban bawaan tidak melebihi bobot sepeda motor. Untuk itu, gunakan jasa pengiriman barang untuk mengirim barang ke kampung halaman. Kelima, bagi peserta konvoy, upayakan dibagi dalam beberapa kelompok, maksimal 10 motor dalam satu kelompok. Keenam, gunakan simbol untuk menandai anggota kelompok yang sama, misalnya berupa pita di lengan. Ketujuh, bagi pemudik yang bergerak malam hari, gunakan jaket atau atribut yang memantulkan cahaya sehingga bisa dilihat oleh pengendara lain. Ketujuh, gunakan alat perlindungan diri (APD) helm, jaket, sepatu, sarung tangan, dan persiapkan jas hujan. Kedelapan, tentukan rute yang akan dilintasi. Seluruh anggota konvoy harus memahami rute tersebut. Kesembilan, tentukan lokasi kumpul (tikum) atau perhentian untuk istirahat atau mengisi bahan bakar. Kesepuluh, bawalah perlengkapan ban dalam, tali kopling, dan P3K serta mencatat no telepon penting darurat seperti no polisi dan rumah sakit.
Kesebelas, untuk perjalanan yang membutuhkan waktu tempuh lebih dari empat jam, beristirahatlah setiap dua jam perjalanan. (edo rusyanto)

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian