Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Jumat, 31 Juli 2009

Bikers Waspada El Nino


foto:edo
MUSIM panas yang berkepanjangan bakal menambah dehidrasi bagi pengendara sepeda motor (bikers). Terlebih, pada Juli-September biasanya terjadi gejala iklim kering alias El Nino dimana dampak yang terlihat di Indonesia umumnya kemarau kering.
"Kita khawatir karena nantinya akan ada masa kemarau yang panjang, jadi kita harus siap siaga. Masyarakat harus bisa menjaga pola makan dan istirahat yang cukup," ujar Kadinkes Jabar Alma Lucyati, seperti dilansir detikbandung.com, beberapa waktu lalu.

Rasa panas bakal lebih menyengat karena tebalnya jaket, sarung tangan, masker, dan helm. Tenggorokan yang kering, silaunya matahari, dan pekatnya debu menambah sumpek saat berkendara. Tak heran jika emosi mudah tersulut yang berujung kepada perilaku ugal-ugalan saat berkendara.
Kondisi seperti itu menjadi ujian untuk para bikers. Terlebih mereka yang tinggal dan beraktifitas di kota megapolitan Jakarta dan sekitarnya. Termasuk para bikers yang tinggal di kota besar dengan kondisi lalu lintas yang macet seperti Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar.

Apa yang perlu diperhatikan oleh para bikers? Pertama, kondisi kendaraan, misalnya ban. Harus rajin memeriksa tekanan angin. Kedua, tetaplah memakai alat pelindung diri (APD) seperti jaket, helm, sepatu, sarung tangan, masker, pelindung lutut, dan pelindung siku. Upayakan jaket yang mudah menyerap keringat. Masker menjadi penting untuk menahan debu terlalu banyak dihisap oleh paru-paru kita. Ketiga, mengisi bahan bakar pada malam hari, mengingat di siang hari penguapan kian tinggi di tengah teriknya matahari.
Keempat, siapkan obat tetes mata untuk mengurangi iritasi akibat terik matahari. Kelima, bawalah air minum secukupnya dan vitamin c agar tubuh tetap bugar. Keenam, tingkatkan kesabaran agar konsentrasi berkendara tetap terjaga.
Cuaca panas dan angin yang berhembus kencang membutuhkan stamina yang prima. (edo rusyanto)

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian