Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Senin, 13 Juli 2009

Yamaha Libas Honda




PERISTIWA itu terulang kembali. Yamaha melibas Honda dari segi volume penjualan. Tahun ini, Yamaha meninggalkan Honda pada April dan Juni 2009. Pada April, Yamaha mampu menjual 189.695 unit, sedangkan pada Juni sebesar 218.614 unit. Pada periode itu, Honda masing-masing 155.789 unit dan 216.876 unit.
Selisih penjualan pada April cukup menganga yakni hampir 34 ribu unit, namun pada Juni 2009 selisihnya hanya dua ribu unit. Tahun lalu, Yamaha yang di Indonesia diwakili oleh PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) juga sempat melampaui Honda yang diwakili PT Astra Honda Motor (AHM). Pada Desember 2008, Yamaha terjual 108.991 unit, sedangkan Honda terjual 101.657 unit. Tipis memang.
Memasuki 2009, selisihnya cukup besar. Ada gejala apa? YMKI punya jurus ampuh?
Wakil Presiden Direktur YMKI Dyonisius Beti menjelaskan, kesuksesan Yamaha tak lepas dari peluncuran bebek baru Vega ZR 115 yang diklaim tangguh dengan harga terjangkau. “Vega bukan produk dengan standar biasa karena punya mesin 115 cc dan harganya terjangkau Rp 11,5 juta, irit dan tangguh. Cocok untuk kondisi krisis” ujar Beti, seperti dikutip Investor Daily.
Otot Yamaha ada pada produk skutik dan motor sport. Sementara itu, Honda mengandalkan produk bebek.
Secara kumulatif, sepanjang Januari-Juni 2009, Honda masih unggul tipis yakni mampu menjual sekitar 1,165 juta unit, sedangkan Yamaha sekitar 1,154 juta unit. Di posisi ketiga masih ditempati Suzuki dengan penjualan 198.116 unit.
Direktur Pemasaran AHM Julius Aslan menilai, Yamaha mampu mempersempit jarak dengan Honda karena menjadi pemimpin di pasar skutik. Di segmen ini Honda hanya menguasai 33% pasar. Padahal pasar skutik terus berkembang menggerus porsi bebek. Di segmen skutik, Yamaha 505.645 unit atau setara dengan menguasai 54,4% pangsa pasar, sedangkan Honda hanya 343.249 unit atau setara dengan 36,9%. Tak heran jika berembus kabar, dalam waktu dekat Honda bakal meluncurkan varian skutik baru untuk memperkuat penguasaan pangsa pasar. ”Kita memilih waktu yang tepat untuk meluncurkan produk baru itu,” ujar Kristanto, head of public relation AHM. (edo rusyanto)

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian