Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Sabtu, 15 Agustus 2009

Yamaha Unggul Lagi


foto:edo

KABAR baru berhembus. Penjualan sepeda motor Yamaha ungguli Honda. Sepanjang Januari-Juli 2009, total penjualan Yamaha ditaksir mencapai 1.407.924 unit, sedangkan Honda terpaut tipis yakni 1.406.428 unit.
Manajemen Yamaha di Indonesia berbunga-bunga. Sebuah rekor baru setelah 35 tahun beroperasi di Indonesia. Manajemen Honda menimpali kalem dan fokus menggenjot produk skutik mereka yang selama ini memang tertinggal dari Yamaha.
Itu dari penjualan secara kumulatif. Pada penjualan bulanan, Yamaha juga unggul pada Juli 2009 yakni sebanyak 253.683 unit, sedangkan Honda sebanyak 241.028 unit.
Prestasi gemilang diraih Yamaha dalam penjualan bulan lalu jika dibandingkan Juli 2008. Yamaha membukukan kenaikan penjualan hingga 18,5%, kondisi terbalik justru terjadi pada Honda yang merosot 13,6%.
Keunggulan Yamaha dalam penjualan bulanan pada 2009 sudah terjadi tiga kali yakni pada April, Juni, dan Juli. Tahun lalu, Yamaha sempat unggul pada penjualan bulanan yakni pada Desember 2008. Hingga kini, posisi ketiga penguasa pangsa pasar masih digenggam Suzuki. ATPM sepeda motor Jepang masih merajai penjualan sepeda motor di pasar Indonesia. Selain ketiga merek tersebut, Kawasaki ikut memperkuat dominasi motor Negeri Matahari Terbit itu.
Agen tunggal pemegang merek (ATPM) sepeda motor Yamaha, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) hingga kini menguasai segmen skutik dan motor sport, sedangkan ATPM Honda yakni PT Astra Honda Motor (AHM) gemilang di segmen sepeda motor bebek. Keduanya bersaing ketat memperebutkan pasar domestik yang pada 2009 masih bisa menggeliat meski pada 2008 mencetak penjualan tertinggi sepanjang sejarah yakni sekitar 6,2 juta unit. “Tahun ini bisa mencapai sekitar lima juta unit, lebih bagus dari ekspektasi awal tahun yang memperkirakan penurunan 30% dibandingkan 2008,” ujar Gunadi Sindhuwinata, ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI). Kita lihat saja, bagaimana persaingan hingga akhir tahun nanti. Sanggupkah Honda menahan gempuran Yamaha? (edo rusyanto)

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian