Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Kamis, 10 September 2009

Jaga Jarak, Hindari Senggolan



foto:dok mrc

KISAH pilu membahana di keluarga Juju (44). Warga Dusun Jatiluhur, Kecamatan Jatinegara Kabupaten Ciamis, Jawa Barat itu, meninggal dunia setelah sepeda motor Suzuki Smash Nopol Z5119WS yang dikemudikannya tergilas mobil. Juju meregang nyawa karena luka di kepala, kaki, dan tangan patah.

Tragedi bermula, Rabu (9/9) pagi, saat Juju yang berboncengan dengan Emin (50) melintas di Jl Raya Kawali-Panjalu, Kampung Sukamulya, Desa Winduraja Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis. Menurut saksi mata, seperti dikutip Antara, sepeda motor Juju beriringan dengan sepeda motor lainnya. Namun, sesaat kemudian keduanya bersenggolan. Korban pun terpelanting, naas dari arah berlawanan melaju Elf angkutan umum Z 7583 T yang dikemudikan Padroi (50) warga Kampung Lumbung Kecamatan Lumbung Kabupaten Ciamis. Brukkkk. Kecelakaan tak terhindarkan. Juju tewas, Emin luka-luka.

Jaga Jarak Aman
Seorang teman penggiat keselamatan berkendara sepeda motor yang aman dan selamat (safety riding) memberi tips, jaga jarak aman sangat penting bagi pengendara sepeda motor (bikers). Berapa jarak yang aman? Ada yang menyebut, tergantung kecepatan.

Namun, secara umum, hitungan waktu yakni dua detik menjadi patokan untuk memberi ruang aman untuk bermanuver. Semakin rapat jarak kendaraan kita, ruang bermanuver semakin sedikit. Karena itu, secara sederhana kita diajarkan untuk menjaga ritme kecepatan kendaraan sama dengan kendaraan di depan kita dengan jarak sekitar dua hingga empat meter. Dengan kecepatan yang konstan diharapkan tidak terjadi benturan fatal. Dalam konvoy, kerap kita juga menerapkan formasi zig zag sehingga mengurangi risiko tabrak belakang.

Namun, saat di kemacetan, upayakan jangan terlalu mepet dengan kendaraan lain. Apalagi jika sampai ban kita berciuman dengan kendaraan lain. (edo rusyanto)

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian