Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Jumat, 04 September 2009

Mudik Pakai Motor, Jangan Abaikan Kondisi Tubuh

Kamis, 3 September 2009 - 16:37 wib

Prasetyo Adhi - Okezone
Foto: okezone


JAKARTA - Sejak beberapa tahun belakangan, mudik menggunakan sepeda motor menjadi pilihan beberapa masyarakat untuk pulang kampung. Tapi perlu diingat, perhatikan kondisi tubuh.

Mudik menggunakan sepeda motor tentu berbeda dengan menggunakan mobil. Hembusan angin kencang selama perjalanan, dan juga berjibaku dengan kendaraan lain yang lebih besar seperti truk atau bus, tentu dibutuhkan stamina serta konsentrasi yang tinggi.

Karena itu, bagi pemudik yang hendak menggunakan roda dua, sebaiknya jangan abaikan stamina tubuh Anda. "Upayakan agar beristirahat minimal setiap dua jam perjalanan," pesan punggawa Road Safety Assosiation (RSA), Edo Rusia kepada okezone.

Selama waktu istirahat tersebut, gunakanlah waktu untuk melemaskan otot-otot tangan, kaki dan pinggang. "Sekira 10-15 menit cukup untuk istirahat," tambah pria yang aktif kampanye safety riding ke sejumlah bikers ini.

Dengan beristirahat, kata dia, bisa kembali melemaskan otot-otot yang tegang dan juga membuat tubuh kembali lebih segar setelah menempuh perjalanan jauh. Dengan begitu, diharapkan konsentrasi tidak akan menurun.

Apabila Anda berpuasa, Edo berpesan, sebaiknya jangan makan makanan berlemak terlalu banyak termasuk mie instan. Makanlah makanan bergizi agar bisa menampung energi yang dibutuhkan selama perjalanan mudik. "Perbanyak sayuran, buah, ikan, minum susu dan vitamin secukupnya," kata dia.

Dengan begini, badan akan tetap fit ketika diajak menempuh jarak jauh menuju kampung halaman. (uky)

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian