Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Kamis, 15 Oktober 2009

2011, Produksi Honda Tembus 30 Juta Unit


foto:edo

Produksi sepeda motor Honda di Indonesia diperkirakan menembus 30 juta unit dalam dua tahun ke depan seiring tren peningkatan permintaan. Hingga Oktober 2009, produksi Honda mencapai 25 juta unit, tertinggi di Indonesia sekaligus di Asean.
Seiring dengan itu, Honda Motor Co Ltd selaku prinsipal siap menambah investasi guna memperluas kapasitas produksi model skuter otomatik (skutik). Total kapasitas terpasang Honda saat ini mencapai tiga juta unit, sedangkan kapasitas model skutik sekitar 90 ribu unit per bulan.
Presiden Direktur PT Astra Honda Motor (AHM)—agen tunggal pemegang merek (ATPM) Honda di Indonesia—Miki Yamamoto menerangkan, produksi 25 juta unit dicetak Sabtu (3/10) di pabrik Cikarang dengan model motor Vario Techno CBS. Dengan demikian, Honda berhasil menjadi pabrikan motor dengan volume produksi tertinggi mengalahkan merek lain.
“Capaian ini menunjukkan potensi pasar motor Indonesia sangat besar dan menjanjikan ditandai dengan pertumbuhan penjualan yang fantastis. Ini mendorong kami untuk selalu memberikan produk yang terbaik,” ujar Miki di sela perayaan produksi 25 juta unit Honda di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (15/10).
Menurut Miki, sejak 1971 hingga saat ini, Honda aktif menambah investasi untuk keperluan produksi. Awal tahun ini, ujar Miki, Honda membangun pabrik perakitan velg balap (casting wheel/CW) meski krisis finansial dunia tengah menekan perekonomian nasional. Total investasi yang dikucurkan Honda untuk proyek ini sekitar US$ 30 juta.
Selain membangun pabrik velg CW, lanjut Miki, Honda sukses menambah kapasitas model skutik dari 60 ribu unit menjadi 90 ribu unit per Juli 2009. Investasi proyek ini sekitar Rp 140 miliar. Semua tambahan investasi ini menjadi senjata untuk mengejar target produksi 30 juta unit.
“Dukungan dari berbagai pihak tentunya sangat kami harapkan guna mempercepat produksi 30 juta unit,” jelasnya.

Dominan Bebek

Direktur Pemasaran AHM Julius Aslan optimistis target produksi 30 juta unit dapat dicapai kurang dari dua tahun. Untuk tahun ini saja produksi Honda diperkirakan mencapai 2,6-2,7 juta unit dan diprediksi meningkat sekitar 10% pada tahun depan. Hal ini sejalan dengan peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional dari 4,5% menjadi 5,5% pada tahun depan.
”Dengan penjualan di atas 2,7 juta unit pada 2010, kami dapat menambah produksi lima juta unit dalam waktu kurang dari dua tahun,” jelasnya.
Honda, kata Julis, akan merilis beberapa model baru pada tahun depan guna mendongkrak penjualan. Hanya saja dia enggan menyebutkan model-model apa saja yang akan dilansir itu. Selain melepas produk baru, lanjut Julius, AHM akan menggencarkan iklan di beberapa media massa.
”Kami masih akan fokus pada model-model andalan seperti bebek yang porsinya mencapai 60% dari total penjualan, disusul skutik 30%, dan sport 10%,” terangnya.
Di sisi lain, Managing Director Asia and Oceania Honda Motor Co Fumihiko Ike menyatakan, Indonesia merupakan basis produksi nomor dua Honda di dunia setelah India. Pada 2008, kata dia, penjualan Honda Indonesia menyumbangkan 20% dari total penjualan global Honda sebesar 15 juta unit. Adapun India mengontribusi penjualan lima juta unit.
”Memang tahun ini pasar diprediksi turun, tapi berpeluang bangkit kembali pada tahun depan seiring membaiknya perekonomian nasionl,” tuturnya.
Untuk merespons peningkatan pasar di Indonesia, Honda Motor Co kini tengah mengkaji peningkatan kapasitas lini produksi skutik. Dia menilai, pasokan motor skutik Honda di pasar saat ini sangat ketat sehingga konsumen terpaksa menunggu.
Ike memprediksi, total penjualan Honda pada tahun ini turun 15%. Sedangkan penjualan Honda di Indonesia ditaksir turun dibanding 2008 menjadi 2,7 juta unit. Honda merupakan pemimpin pasar di bisnis motor di Tanah Air dengan pangsa pasar 45%. (coy)

sumber; Investor Daily

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian