Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Jumat, 06 November 2009

Penjualan Sepeda Motor Naik 7%


foto:edo

Penjualan sepeda motor nasional pada Oktober 2009 diperkirakan meningkat 7% menjadi 450 ribu unit dibanding realisasi September sebesar 421.661 unit. Peningkatan pasar dipicu normalnya hari kerja pada bulan lalu.

“September hari kerja sedikit karena ada libur Lebaran, namun Oktober hari kerja sudah normal. Memang ini baru angka perkiraan karena data resminya belum keluar,” ujar Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Gunadi Sindhuwinata di Jakarta, Kamis (5/11).

Gunadi menjelaskan, pasar motor dipastikan akan melampaui lima juta unit pada 2009. Sebab, hingga Oktober, pasar motor sudah mencapai 4,6 juta unit. Dengan demikian target total pasar sebesar 5,6 juta unit diprediksi dapat tercapai.

"Target awal lima juta unit saya rasa akan dilampaui, karena sampai November saja penjualan mungkin bisa melewati lima juta unit. Suku bunga bank dan kredit leasing sudah bergairah sekarang," tukasnya.

Gunadi memperkirakan tren positif penjualan akan berlangsung hingga 2010. Hal ini didasari pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mencapai 6% seperti yang diproyeksikan pemerintah. Dengan demikian, pasar motor ditaksir meningkat minimal 2% karena biasanya pertumbuhan pasar motor dua kali lipat dibanding pertumbuhan ekonomi.

"Gambaran penjualan sepeda motor tahun 2010 cukup baik, karena permintaan suplier sudah ada kenaikan," katanya.

Kawasaki Ekspor Bebek
Sementara itu, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), agen tunggal pemegang merek (ATPM) motor Kawasaki, akan mengekspor bebek terbaru mereka, Edge, ke Thailand mulai Januari 2010. Ekspor dilakukan dalam bentuk terurai (completely knock down/CKD).

"Pada Januari kita harap bisa meluncurkan Edge ke pasar domestik sekaligus mengekspor ke Thailand secara bersamaan. Karena dari sana memang sudah ada permintaan," ujar National Sales Manager KMI Freddy Basuki belum lama ini.

Freedy enggan menyebutkan berapa volume ekspor Edge. Ia berkilah keputusan volume ekspor baru akan keluar pada Desember tahun ini.

Menurut Freddy, implementasi perdagangan bebas Asean (Asean Free Trade Area/AFTA) pada 2010 merupakan momen yang pas untuk ekspansi pasar. Sebab, bea masuk (BM) untuk beberapa produk manufaktur nantinya akan turun dari 5% menjadi 0%.

KMI akan melepas Edge awal 2010 atau molor dari jadwal awal pada Desember 2009. Langkah ini diambil untuk mengakomodasi karakteristik konsumen Indonesia yang menyukai motor produksi baru. KMI menargetkan dapat melego 3.000 unit Edge pada 2010. Per September 2009, total penjualan Kawasaki mencapai 43.578 unit. (coy)

sumber; investor daily

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian