Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Jumat, 04 Desember 2009

Penjualan Skutik Honda Tembus 100 Ribu Unit


foto:eko


Penjualan skuter otomatik (skutik) Honda mampu menembus 100 ribu unit pada Oktober 2009, tertinggi sepanjang sejarah. Angka ini melonjak 37% dibanding September 2009 sebesar 73 ribu unit.

"Kapasitas skutik kami sudah ditingkatkan dari 55-60 ribu unit per bulan menjadi 95-100 ribu unit. Kami memaksimalkan kapasitas ini pada bulan lalu," ujar Senior General Manager Marketing PT Astra Honda Motor (AHM) di Jakarta, baru-baru ini.

Sigit menjelaskan, produksi sulit digenjot pada September karena pendeknya hari kerja akibat libur Lebaran. Namun memasuki Oktober, produksi dapat menyentuh titik optimum karena hari kerja kembali panjang.

Kendati sudah mencapai kapasitas tertinggi, Sigit mengaku, AHM masih belum dapat meladeni seluruh permintaan yang masuk untuk Vario Techno, skutik teranyar Honda, terutama yang berwarna ungu. "Warna ungu terinspirasi dari mobil Honda Odyssey. Sejauh ini permintaannya cukup bagus dengan total inden 5.000 unit," jelasnya.

AHM, lanjut Sigit, akan mencoba mempertahankan level produksi sebesar ini. Namun ia mengaku produksi bulan ini akan sulit untuk menyamai torehan Oktober. Sebab, terdapat libur Idul Adha.

Selanjutnya pada Desember, kata dia, terdapat hari libur Tahun Baru Hijriah dan Natal. Ia mengaku sulit untuk menambah produksi dengan mekanisme lembur karena perusahaan perlu membayar uang lembur.

Hingga Oktober 2009, penjualan skutik Honda berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) melejit 62% menjadi 673.641 unit dibanding periode sama tahun lalu sebesar 416.101 unit. Lonjakan penjualan membuat pangsa pasar Honda di segmen skutik naik dari 31,8% menjadi 37,6%.

Yamaha masih menduduki posisi puncak pasar skutik lewat keluarga Mio. Total penjualan Mio sampai Oktober mencapai 972.609 unit dengan pangsa pasar 54,3%. AHM menargetkan total penjualan skutik dapat mencapai 850 ribu unit, naik 60% dibanding 2008 sebesar 530 ribu unit.

Honda adalah pemimpin pasar motor nasional dengan pangsa pasar 46,1% per Oktober 2009. Volume penjualan Honda sampai Oktober mencapai 2,19 juta unit. Yamaha menguntit ketat di belakangan dengan pangsa pasar 45,2% dari hasil penjualan 2,15 juta unit.

Sebelumnya, Honda Motor Co (HMC) selaku pemegang merek (prinsipal) berencana menambah investasi US$ 109 juta di Indonesia guna meningkatkan kapasitas produksi dari 3 juta unit menjadi 3,6 juta unit.
Managing Director Asia and Oceania HMC Fumihiko Ike menyatakan, kapasitas lini produksi model skutik akan ditambah pada tahun depan. Namun Ike enggan menyebutkan berapa investasi untuk memuluskan proyek ini. “Kami mengalami shortage untuk skuter, makanya kami berencana expand produksi skuter karena pasarnya akan berkembang,” ujarnya. (coy)

sumber; investor daily

1 komentar:

obelix mengatakan...

Pertamax... Sepiii Buuu....!!

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian