Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Kamis, 28 Januari 2010

Azis Gagap Ngomong Safety Riding

Azis Gagap (foto:kapanlagi.com)

TIGA orang pemain organ tunggal ricuh. Mereka memperebutkan uang saweran. Baku hantam tak terelakkan. Sang penonton yang nyawer dan penyanyi organ tunggal kelihatan kebingungan. ”Mestinya yang ribut itu penonton, ini malah pemain organnya, bisa sopan gak?!” Sergah sang penonton itu.

Sejumlah orang yang ada di depan peristiwa itu bukannya melerai, mereka malah bertepuk tangan, senyum-senyum, bahkan tertawa lebar. Ada apa dengan masyarakat kita?

Pantas saja...., itu hanya penggalan dari shooting Opera Van Java (OVJ), sebuah tayangan komedi yang disiarkan Trans7 setiap Senin-Jumat pukul 20.00 WIB. Adegan tawuran tadi adalah scene ketiga atau terakhir dari shooting, Rabu (27/1), pukul 21.45 WIB, di Studio Guet, Perdatam Pancoran Timur, Jakarta Selatan.

Sang pemain organ, Andre, Azis, dan Sule kerap mengocok perut para penonton shooting maupun penonton siaran tv. Terlebih sang penonton, Parto Patrio yang berperan sebagai sang dalang dalam OVJ. Shooting malam itu juga dipermanis oleh sang penyanyi organ tunggal yang diperankan oleh artis ayu, Rini. Lalu, siapa sejumlah orang yang ada di depan panggung OVJ?

Ini dia....puluhan pengendara sepeda motor alias bikers yang dikoordinasikan oleh Road Safety Association (RSA). Sedikitnya yang tercatat ada 48 bikers, mereka berbaur dengan penonton lain. Dari atribut yang dikenakan terlihat di antaranya dari Komunitas Suzuki Thunder (Koster), Honda Supra Jakarta (HSJ), Yamaha Jupiter Owner Community (YJOC), SRC Depok, dan TRC 125. Bikers pun tertawa lepas. ”Seru dan menghibur,” ujar Bro Shasya, dari YJOC.
Sebagian bikers RSA usai nonton shooting OVJ (foto:hary)


Perilaku Bikers

Di tengah itu semua, Azis gagap, sang bintang OVJ mengaku, prihatin atas maraknya kecelakaan lalu lintas jalan di Jakarta. Maklum, di Jakarta rata-rata korban tewas mencapai tiga orang per hari, belum lagi belasan yang luka ringan dan luka berat. ”Tidak aneh terjadi kecelakaan karena pengguna jalan ugal-ugalan,” ujar Azis saat bincang dengan saya di sela shooting OVJ.

Azis yang kini juga sibuk menjadi host di Beauty and Azis (B&A), besutan Trans7, melihat faktor ekonomi dan sosial yang mendorong bikers tidak disiplin. ”Ada yang alasannya dikejar-kejar waktu untuk ke tempat kerja. Untuk yang seperti ini, menurut saya lebih baik berangkat lebih awal,” seloroh Azis yang malam itu naik Suzuki X-Over putih, B 1458 BFV dengan masa berlaku pelat nomor hingga 2014.

Saat saya singgung pentingnya lawakan atau candaan dalam OVJ maupun B&A diselipi dengan ajakan agar penonton lebih disiplin saat berkendara di jalan, Azis antusias. ”Bikinin aku bahannya, nanti aku bacakan dalam B&A,” tukas komedian itu.

Terkait pentingnya bersepeda motor yang aman dan selamat (safety riding), Azis juga mengingatkan agar pengendara jalan lebih tertib karena jumlah polisi lalu lintas jumlahnya tidak imbang dengan pengguna jalan. ”Selain itu, harus banyak bersabar,” katanya.
Sekadar penyegaran, di Jakarta saat ini sedikitnya terdapat 7,3 juta sepeda motor dan sekitar lima juta mobil.

Tayangan seperti OVJ yang kerap mengocok perut penonton bagi saya bisa menjadi salah satu pintu masuk mengajak pemirsa berlaku santun saat di jalan. Sebuah ajakan yang masuk tanpa menggurui dengan gaya rileks banyolan pelawak, bisa masuk ke alam bawah sadar pemirsa. Muaranya, diharapkan pemirsa lebih sadar bahwa berkendara yang tertib bisa membahagiakan banyak orang, termasuk orang tercinta yang menunggu di rumah. (edo rusyanto)

4 komentar:

ianegx mengatakan...

wah terobosan mantap tuh bro kalo pemahaman Safety Riding bisa disampaikan melalui acara terpavorit macam OVJ, btw sinden nya kalo gak salah namanya Dewi Gutawa atau siapa gitu...istrinya Arman Maulana.

Fori mengatakan...

terima kasih ya udah mau datang ke studio untuk nonton langsung proses syuting opera van java. ditunggu lagi kehadirannya.
kita syuting tiap selasa, rabu kamis, jam 12 siang, jam 3 sore dan jam 7 malem. :)

Edo Rusyanto mengatakan...

@ian; sindennya geulis euy...
@fori; kalau mau daftarin rombongan/klub untuk nonton, bgm caranya bro? salam

meet_hana mengatakan...

hehe.. si azis biar gagap tapi tanggap keselamatan ya

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian