Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Kamis, 14 Januari 2010

Honda Membuka Dengan Facelift Beat


foto:istimewa


TEKA-TEKI produk apa saja yang bakal digelontorkan Honda pada 2010 naga-naganya bakal terkuak perlahan. Sumber di kalangan produsen terbesar di Indonesia dengan pangsa pasar sekitar 46,2% pada 2009 itu, menyebutkan bahwa pada 20 Januari 2010, Honda bakal memperkenalkan skutik Beat hasil perubahan wajah (facelift).

”Beat kami bisa bersaing dengan kompetitor,” ujar sang sumber, baru-baru ini, di Jakarta.

Ya. Di segmen skutik, Beat yang mengguyur pasar mulai Juni 2008, penjualannya relatif meningkat. Pada 2008, Beat berhasil dilego sebanyak 208.490 unit, sedangkan sepanjang 2009 sekitar 432.726 ribu unit. Meningkat drastis.

Beat yang dibanderol Rp 12,3 juta per unit itu, bersaing ketat dengan Yamaha Mio yang dibanderol Rp 12,2 juta. Kontribusi Beat terhadap total penjualan PT Astra Honda Motor (AHM), agen tunggal pemegang merek (ATPM) sepeda motor Honda di Indonesia, mencapai sekitar 16,01%. Sedangkan kontribusi terhadap total penjualan skutik sebesar 50,21%, tipis di atas seniornya Honda Vario.

”Honda Beat lebih menarik konsumen karena bentuknya lebih slim dibandingkan Vario, selain itu, lincah dan irit,” ujar Puji, seorang pengendara Beat.

Jurus penjualan skutik memang mengedepankan kepraktisan dibandingkan sepeda motor berkopling manual. Di sisi lain, tentu saja mengusung kegesitan dan irit mengonsumsi bahan bakar.

Untuk urusan skutik, Yamaha masih cukup kinclong dibandingkan Honda. Yamaha yang di Tanah Air diageni oleh PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) mengandalkan Mio dan Mio Soul untuk menggarap pasar skutik. Penguasaan pangsa pasar Yamaha di segmen skutik lebih dari 50%, sedangkan Honda sekitar 30-an%.

Kembali soal facelift Beat yang bakal digelontorkan Honda pada 20 Januari 2010, terasa sekali aroma AHM untuk mengejar ketertinggalan Honda di segmen skutik. Maklum, tren konsumen di Tanah Air menunjukkan peningkatan yang signifikan untuk memilih skutik. Sekadar catatan, sepanjang Januari-Oktober 2009, penguasaan pangsa pasar skutik mencapai 37,7% atau sebanyak 1.789.810 unit dari total pasar sepeda motor domestik sebanyak 4.753.690 unit. Bandingkan dengan 2007 dan 2008 yang masing-masing baru mencapai 17,97% dan 26%. Luar biasssa!

Honda dikabarkan bakal meluncurkan sekitar 7-9 produk baru sepanjang 2010. Diperkirakan produk yang benar-benar baru jumlahnya minim, mayoritas adalah facelift dari produk yang sudah ada selama ini. Kita lihat saja, apa lagi yang ditawarkan Honda selain facelift Beat dan Mega Pro. (edo rusyanto)

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian