Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Kamis, 04 Desember 2008

Satu Motor Cina Gagal Uji Publik

Jakarta - Departemen Perindustrian (Depperin) menyatakan, satu dari empat motor Cina yang dirakit di Indonesia gagal menjalani uji publik karena kegagalan sistem pelumasan. "Kami telah melakukan uji publik kendaraan bermotor roda dua sejak 2002. Saat itu banyak sepeda motor impor yang kualitasnya tidak bagus sehingga banyak konsumen yang terkecoh karena harganya murah namun masa pakainya sangat rendah," kata Direktur Industri Alat Transportasi Darat dan Kedirgantaraan, Ditjen Industri Alat Transportasi dan Telematika Depperin Panggah Susanto di sela pengumuman hasil uji publik kendaraan bermotor roda dua tahun 2008, seperti dilansir Antara, di Jakarta, Kamis (4/12). Pada 2002, Depperin menguji sekitar 38 unit sepeda motor dan saat ini totalnya sebanyak 86 unit yang telah diuji. Tahun 2008 ini, empat merek sepeda motor yang diuji adalah Nozomi, Mak, Dorkas, dan Shamo. Dari empat sepeda motor yang diuji, motor merek Shamo gagal menjalani seluruh bagian uji publik. Menurut Depperin, saat uji jalan, motor tersebut berhenti setelah 139 km karena kegagalan pada sistem pelumasan. Sementara itu, Kasubdit Pelaporan dan Informasi, Direktur Industri Alat Transportasi Darat dan Kedirgantaraan, Ditjen Industri Alat Transportasi dan Telematika Depperin menjelaskan, uji publik meliputi lima jenis uji yaitu jalan, uji percepatan, uji jarak pengereman, uji unjuk kerja mesin dan uji ketahanan mesin. Pengujian dilakukan sesuai standar nasional dan internasional. Industri sepeda motor Indonesia merupakan yang terbesar ketiga setelah Cina dan India. Populasi sepeda motor di Indonesia sekitar 35 juta unit. Meski demikian, rasio kepemilikan motor di Indonesia masih rendah yaitu satu unit per delapan orang. Besarnya pasar sepeda motor di Indonesia telah mendorong munculnya 38 perusahaan perakitan motor Cina pada 2002. Saat ini, terdapat 88 perusahaan yang memproduksi motor Cina dengan total produksi sekitar 40 ribu unit per tahun. (ed)

1 komentar:

ciblex mengatakan...

trnyata bnyak juga merk motor cina ya pak ...
klo ada pic nya bs lbh bagus lagi, jadi tau bentuk sperti apa ...

but nice info pak...

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian