Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Senin, 19 Januari 2009

10 Jam, Api Membakar Depo BBM Plumpang

Mata ini sempat terbelalak. Minggu (18/1/09) malam sekitar pukul 22.10 WIB saat sedang melongok situs http://www.detikcom.com/ melihat berita Kebakaran Landa Depo Pertamina Plumpang. Dalam berita yang ditayangkan pukul 21:28 WIB itu, situs tersebut mengutip seorang warga yang mengetahui perihal kebakaran.
Kontan saja terlintas, wah jangan-jangan pasokan BBM jenis premium dan pertamax bakal menipis nih. Benar saja, beberapa jam kemudian berseliweran pesan singkat (SMS) yang menyebutkan bahwa segera beli BBM malam itu karena besok kemungkinan SPBU bakal kekurangan pasokan akibat kebakaran di Plumpang. Stasiun TV pun ada yang menayangkan pantauan ke sejumlah SPBU. ”Kami lihat terjadi antrean di sejumlah SPBU yang kami pantau,” lapor reporter TV yang ditayangkan langsung oleh stasiun TV. Maklum, kapasitas Depo Plumpang setara dengan pasokan 40% kebutuhan BBM di Jabodetabek dan 20% untuk kawasan pulau Jawa.
Hemmm...ada apa nih? Apakah Depo Plumpang disabotase lantaran pemerintah dah menurunkan harga BBM hingga tiga kali?
Kebakaran yang sempat membuat panik warga sekitar depo, terlebih pemukiman hanya berjarak sekitar 50 meter dari depo, berlangsung hingga 10 jam hingga akhirnya padam. Sekitar 30 pemadam kebakaran kerepotan memadamkan api. Sejumlah pejabat tinggi mulai Kepala Polri Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri dan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo hingga Komisaris Utama Pertamina Soetanto yang juga mantan Kapolri, malam itu berbondong-bondong mengunjungi depo yang memiliki 24 tanki raksasa. Tujuh di antaranya adalah tanki berisi premium berkapasitas 15 ribu kiloliter. Kebakaran hebat malam itu ternyata hanya membakar tanki no 24. Menurut manajemen Pertamina, tanki itu hanya berisi 5 ribu liter alias sepertiga dari kapasitas.
Kebakaran selama 10 jam itu (api berkobar mulai pukul 21.20 WIB dan padam sekitar 07.00 WIB) meludeskan tanki. Menyibukkan puluhan petugas pemadam kebakaran maupun aparat keamanan, serta menimbulkan kepanikan warga sekitar depo. Belum lagi pengguna jalan yang saat itu melintas di kawasan depo. Kemacetan merajalela. Tak terbayang jika api meluas melahap 23 tanki lainnya. Wajah Jakarta bakal mirip Baghdad saat diserang imperialis AS beberapa tahun lalu. (ed)

foto: kompas

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian