Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Senin, 19 Januari 2009

Minerva Siapkan 6 Produk Baru

PT Minerva Motor Indonesia (MMI), produsen sepeda motor Minerva, bakal merilis enam produk baru sepanjang 2009. Selain itu, produsen yang menggandeng Sachs Jerman itu berniat mengembangkan 500 jaringan distribusi dan bengkel di seluruh Indonesia.

” Di antara produk baru kami adalah Sachs Madass X Road 250 cc dan motor sport 250 cc,” tutur Kristianto Goenadi, presiden direktur MMI, kepada Investor Daily, di Jakarta, baru-baru ini.

Ia menjelaskan, keenam produk baru MMI tersebut akan memasuki pasar secara bertahap. Pada April bakal diperkenalkan jenis supermoto, sport, dan sport full fairing. Kemudian, pada Juni jenis Sachs X- Road 250, Agustus jenis XTC dan Madass 250.

Kristianto optimistis permintaan sepeda motor, khususnya jenis sport, masih bertumbuh sepanjang 2009. Saat ini, MMI mengandalkan Minerva R 150 untuk jenis sport. Motor berkapasitas mesin 150 cc itu dilepas dengan harga Rp 15,5 juta on the road.

Pangsa pasar sepeda motor jenis sport di Tanah Air masih tergolong kecil dibandingkan jenis bebek dan skutik. Dari total sekitar 6,2 juta unit penjualan sepeda motor pada 2008, jenis sport ditaksir hanya sekitar 10%. Selebihnya adalah jenis bebek (70%) dan skutik (20%).

Menurut Kristianto, meski segmen motor sport tergolong kecil, permintaannya masih bertumbuh. Ia mencontohkan, jenis R 150 pada 2008 mampu terjual rata-rata 4-5 ribu unit per bulan. ”Pada 2009, kami memasang target penjualan R 150 mencapai 10 ribu unit per bulan,” tukas dia.

Pada 2007, total penjualan MMI mencapai 47 ribu unit, kemudian bertambah menjadi 86 ribu unit pada 2008.

Terkait kerja sama dengan Sachs Jerman, Kristianto menuturkan, pihaknya mengembangkan pabrik di Thailand. ”Kerja sama tersebut juga melibatkan produsen sepeda motor Thailand yakni Tiger. Dari Indonesia kami memasok tiga jenis komponen di antaranya CDI dan ban,” ujar dia.

Pabrik Sachs di Jerman tersebut, tambahnya, untuk memasok kebutuhan sepeda motor di kawasan Asia Pasifik. ”Produk Sachs yang sudah kami pasarkan saat ini yakni Sachs Madass 125 akan dikembangkan dengan inovasi baru,” paparnya.

Dia menambahkan, MMI terpaksa menaikkan harga jual Sachs Madass 125 dari Rp 13,950 juta menjadi Rp 16,9 juta.

Sementara itu, terkait pengembangan jaringan, menurut Kristianto, pihaknya menyediakan anggaran sekitar Rp 50 miliar. ”Dana itu untuk penyeragaman desain showroom minerva sachs di Jabodetabek. Total biaya satu jaringan Rp 200 juta, namun kami sharing dengan mitra,” tutur Kristianto. (ed)

3 komentar:

stephenlangitan mengatakan...

Sorry OOT:
http://stephenlangitan.wordpress.com/2009/01/22/for-indonesian-bloggers-an-opportunity-visit-to-motorcycle-plan/

Edo Rusyanto mengatakan...

ok bro, trims infonya. salam

lam knal tuk s'mua !!! mengatakan...

tolong jelasin lebih rinci lagi domst tentang minerva yang R150SE itu coz akhir bln ini ku mw bli tuh motor cuma ku mw tau dulu seluk beluknya !!!??? thankx

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian