Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Kamis, 22 Januari 2009

Honda Bantah Obral CS1

JAKARTA — PT Astra Honda Motor (AHM) selaku agen tunggal pemegang merek (ATPM) motor Honda membantah telah mengobral bebek sport andalan mereka, City Sport 1 (CS1). Manajemen AHM mengklaim tidak pernah mendorong pada dealer untuk melakukan diskon besar-besaran untuk CS-1.

“Mungkin saja dealer sedang kesulitan keuangan. Perlu dibuktikan lebih jauh adanya diskon CS1 sebab kami tidak pernah melakukan hal itu,” ujar General Manager Motorcycle Marketing Division AHM Sigit Kumala ketika dikonfirmasi di Jakarta, Kamis (22/1) malam.

Sigit mengakui penjualan CS1 terus melemah dari bulan ke bulan. Namun penurunan penjualan, kata dia, bukan hanya dialami oleh CS1 melainkan juga dialami oleh model lain. Krisis dana di tubuh perusahaan pembiayaan (leasing) membuat uang muka pembelian motor dan bunga cicilan melonjak.

Akibatnya, penjualan semua segmen termasuk CS1 ikut terpangkas. Bahkan AHM gagal memenuhi target penjualan bulanan motor ini sebesar 15 ribu unit sampai akhir tahun. Level penjualan tertinggi, kata Sigit, hanya mencapai sekitar 12 ribu pada November. Namun pada Desember penjualan CS-1 terjun ke 8.000 unit.

Sepanjang 2009, kata Sigit, AHM menjual sekitar 86.859 unit CS1. Dengan penjualan sebesar ini, CS1 sukses menggusur Suzuki Satria di pucuk pimpinan bebek sport hanya dalam tempo 8 bulan sejak diluncurkan pada April 2008. CS1 menguasai 52% pasar disusul Suzuki Satria sebesar 43%, sedangkan sisanya diisi oleh Kawasaki Athlete.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah dealer di Jakarta mengobral CS1 karena seretnya penjualan model ini. Sebagian dealer menyatakan pihak Wahana Artha selaku main dealer Honda di Jakarta dan Tangerang juga memberikan subsidi Rp 1 juta untuk CS1. Stok CS1 kini menumpuk di sejumlah dealer sehingga perlu segera cepat dihabiskan.

“Di dealer kami, CS1 dilepas dengan uang muka (down payment/DP) hanya Rp 1 juta saja,” ungkap Abdul dari dealer Nusantara Surya Sakti, Slipi.

Sigit mengaku uang muka terendah untuk CS1 saat ini mencapai Rp 1,8 juta. Angka ini jauh lebih rendah ketimbang setelah Lebaran yakni sekitar Rp 3 juta. Saat itu, kata Sigit, suku bunga masih tinggi dan dana di perusahaan leasing sangat terbatas. Namun seiring penurunan BI rate, bunga cicilan dan DP perlahan mulai turun. AHM tengah berupaya menekan DP ke kisaran Rp 1,5 juta untuk memacu penjualan.

AHM, kata Sigit, akan berupaya menggelar berbagai kegiatan untuk memompa penjualan CS1. Namun Sigit enggan menyebutkan secara detil kegiatan yang dia maksud. “Intinya kami mencoba adakan berbagai kegiatan agar penjualan CS1 dapat minimal menembus 10 ribu unit,” tandasnya.

Honda merupakan pemimpin di pasar motor nasional dengan pangsa pasar 46% pada 2008. Volume penjualan Honda pada tahun lalu mencapai 2,8 juta unit, naik 33% dibanding 2007 sebesar 2,1 juta unit. (coy)

1 komentar:

yanto mengatakan...

minta tolong indeN/nunggu CS1 saya dengan warna Hornet Goald cepat terealisasi pesan untuk AHM Alamat dealer : TARUNA JAYA MOTOR Jl.veteran No.180 Jamsaren Solo

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian