Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Selasa, 10 Februari 2009

Notulensi RSA-HM Sampoerna

Agenda : Sharing Mengenai Kegiatan Safety Riding
Hari/Tanggal : Senin/9 Februari 2009
Tempat : Bakul Koffie, Jl Senopati No 92, Jaksel
Waktu : 19.50-21.30 WIB
Peserta : Tim RSA (Rio, Edo, dan Dito)
Tim HMSP (Jojo, Jessica, Bowo, dan Edwin)

===============================================================

Pertemuan Tim Road Safety Association (RSA) dan Tim PT HM Sampoerna Tbk pada kali ini merupakan yang pertamakali di sepanjang 2009.
Nuansa pertemuan bersifat semi formal. Pertemuan dibuka dengan saling memperkenalkan diri.

Jessica menerangkan bahwa dalam pertemuan kali ini, pihaknya ingin sharing dan mencari input mengenai kegiatan yang selama ini telah digelar oleh mereka yakni U Mild Bikers.
Jojo menambahkan, sebagai pertemuan anjangsana, diharapkan pihak mereka memperoleh input mengenai apa sih kebutuhan bikers mengenai keselamatan berkendara?
Sebelum masuk lebih jauh, Rio selaku Koordinator RSA membuka dialog dengan memperkenalkan aktifitas RSA. Mencuatlah berbagai program yang sudah digelar RSA seperti kopdarling ke anggota, terlibat dalam penyuluhan ke sekolah, hingga menyebarluaskan semangat berkendara yang aman dan selamat bagi para pemudik.
Selain itu, Rio juga memaparkan bahwa RSA tidak sekadar pada tataran wacana dalam mengkritisi perilaku pengendara di jalan raya yang tidak peduli keselamatan. RSA tak segan mengutarakan langsung kritik dan saran kepada lembaga terkait seperti Kepolisian, Dinas Perhubungan, hingga Departemen Perhubungan.
Rio menekankan bahwa sepak terjang RSA tidak semata soal keselamatan berkendara (safety riding) yang mengedepankan penguasaan teknik berkendara. LSM ini focus kepada road safety yakni penyebarluasan aturan atau perundangan yang menaungi keselamatan berkendara.
Edo menambahkan bahwa konsep yang bakal dikampanyekan RSA kedepan adalah bagaimana mengubah perilaku berkendara yang ugal-ugalan dan tidak menghiraukan keselamatan, menjadi perilaku yang santun dan bersahabat terhadap sesama pengguna jalan raya.
Rio juga menuturkan bahwa pihaknya bakal menggelar program SR dalam kerangka memperluas road safety, hingga ke pelosok akar rumput. Sasarannya adalah pengguna sepeda motor di tingkat RT/RW, karang taruna, hingga ormas dan orsospol.

Tim HMSP menegaskan bahwa konsep U Mild Bikers yang sudah digelar sepanjang tiga tahun terakhir, membutuhkan inovasi. Konsep yang sudah ada yakni safety riding course (SRC) yang diikuti 50 bikers per kegiatan, kemudian basic life support, games, atraksi freestyle sepeda motor, serta pembagian stiker sudah selaras dengan target marketing mereka yakni diikuti oleh peserta dalam jumlah besar. Bisa mencapai ribuan peserta di berbagai kota.
Mereka mengaku terbatasi oleh aturan yang menyebutkan bahwa kegiatan tidak boleh melibatkan usia di bawah 18 tahun, karena itu yang terlibat kegiatan U Mild Bikers harus menunjukkan KTP. Lalu, audiens adalah para perokok. Mereka tidak masuk jajaran ormas dan orsospol.
Pihak HMSP mengaku belum bisa menselaraskan kegiatan U Mild Bikers dengan program kerja RSA. Mereka mengakui idelisme yang diusung RSA belum sinkron dengan konsep marketing yang diemban produsen rokok itu.
Namun mereka mengisyaratkan, program yang dirancang RSA bisa saja dikawinkan dengan produsen rokok itu, namun di luar acara U Mild Bikers.
Namun Jojo dan Bowo mengisyaratkan, dalam konsep U Mild Bikers yang eksisting bisa saja memasukan materi yang sesuai dengan idealisme RSA.
Dalam konsep SR, program U Mild Bikers menerapkan strategi 80% soal teknis berkendara, sedangkan 20% nya adalah soal aturan dan perilaku.

Tim RSA menyatakan, konsep atau idealisme RSA tidak senantiasa dilakukan oleh RSA. Artinya, jika penyebarluasan pesan keselamatan berkendara gerakannya makin cepat, hal itu sudah cukup memuaskan. Sikap RSA dalam SR adalah 80% soal aturan dan perilaku, sisanya 20% soal teknis berkendara. (edo rusyanto)

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian