Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Senin, 09 Februari 2009

Yamaha Optimistis Tumbuh 5%


Agen tunggal pemegang merek (ATPM) sepeda motor Yamaha, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), optimistis volume penjualan mereka bisa bertumbuh sekitar 5% pada 2009 menjadi sekitar 2,59 juta unit. Pada 2008, penjualan Yamaha mencapai 2,47 juta unit, naik 35% dibanding 2007 sebesar 1,83 juta unit.

”Permintaan memang sedang turun, namun kami berharap bisa bertumbuh sekitar 5%, didorong oleh penjualan segmen motor bebek dan skutik,” ujar Wakil Presiden Direktur YMKI Dyonisius Beti, kepada Investor Daily, usai keterangan pers mengenai kehadiran pembalap dunia Valentino Rossi, di Jakarta, Senin (9/2).

Menurut dia, andalan YMKI adalah produk bebek dan skutik Yamaha Mio. ”Harganya cukup bersaing yakni di Rp 12 jutaan per unit,” tukas dia. Salah satu upaya YMKI mengatrol penjualan, jelas Dyonisius, adalah dengan mengeluarkan beberapa produk baru dan memberikan kepuasan kepada konsumen.

Sedangkan, pemimpin pasar motor nasional, PT Astra Honda Motor (AHM) juga mengaku berancang-ancang meluncurkan beberapa produk baru. ”Salah satunya adalah Honda Revo 110 Absolute,” jelas Direktur Pemasaran AHM Johannes Loman, beberapa waktu lalu.

Terkait pasar secara nasional, menurut Dyonisius, kondisinya tidak lebih bagus dibandingkan 2008. Justeru, kata dia, volume penjualan nasional bakal menurun. ”Penyebabnya karena likuiditas perbankan masih terbatas,” papar dia.

Sebelumnya, Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Gunadi Sindhuwinata memperkirakan pasar motor akan merosot 27% menjadi 4,5-5 juta unit pada 2009 akibat krisis ekonomi global yang memangkas daya beli konsumen.

Krisis finansial global, jelas Dyonisius, mempengaruhi kondisi perbankan nasional. Ia menuturkan, perusahaan besar di dalam negeri yang berorientasi ekspor, khususnya ke Amerika Serikat, juga terkena imbas. Akibatnya, non performing loan (NPL) perbankan bakal meningkat. Karena itu, likuiditas masih ketat.

YMKI pada 2008 menempati urutan kedua penjual motor terbanyak di Indonesia. Menempel ketat pemimpin pasar, PT Astra Honda Motor (AHM), ATPM motor Honda. Dengan kapasitas sebanyak tiga juta unit per tahun, jelas Dyonisius, pihaknya belum bisa memaksimalkan kapasitas pada semester pertama 2009. ”Kapasitas baru bisa maksimal memasuki semester kedua,” tambah dia.

Ia mengaku, pihaknya tidak berniat menambah kapasitas dalam waktu dekat.

Kehadiran Rossi

Dyonisius menuturkan, kehadiran Juara Dunia MotoGP Valentino Rossi ke Jakarta terkait dengan upaya YMKI dan Yamaha Motor Corporation (YMC), Jepang untuk memuaskan pelanggan di Indonesia. ”Jika konsumen dan masyarakat puas, kami harapkan penjualan ikut terdongkrak,” tutur dia, saat jumpa pers.

Ia mengaku, citra produk Yamaha sudah melekat di benak masyarakat Indonesia. Untuk itu, pihaknya perlu memberi kepuasan tambahan bagi konsumen yakni dengan mendatangkan juara dunia.

Rossi yang tergabung dengan Yamaha sejak 2004 sudah lima jali menjuara MotoGP, tiga kali di antaranya saat bergabung dengan Yamaha. ”Kerja sama dengan Yamaha amat baik, saya senang,” tutur Rossi, saat menjawab pertanyaan wartawan, kemarin.

Pria berusia 26 tahun kelahiran Italia itu, menemui wartawan menggunakan kemeja biru putih dan topi kuning hitam putih, di Indonesia dikenal menjadi model iklan Yamaha Jupiter MX 135 LC. YMKI menjadwalkan Rossi menemui berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, komunitas sepeda motor Yamaha, hingga kalangan ibu-ibu dan remaja puteri. (edo rusyanto)

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian