Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Selasa, 10 Maret 2009

Persaingan City Sport Kian Ketat


Perebutan penguasaan pangsa pasar sepeda motor segmen sport perkotaan (city sport) pada 2009 kian ketat. Para agen tunggal pemegang merek (ATPM) motor memperkuat jurus meminang calon konsumen.

Selain itu, para ATPM, khususnya asal Jepang, berlomba-lomba meningkatkan volume penjualan.

"Kami berkeinginan mencapai pangsa pasar 48-50% dari total pasar untuk segmen CS 1," tutur General Manager Marketing Motorcycle Division PT Astra Honda Motor (AHM) Sigit Kumala, kepada Investor Daily, di Jakarta, Selasa (10/3).

Ia menambahkan, hingga kini, PT AHM telah menjual 88 ribu unit Honda CS1.

Guna merangkul calon konsumen, PT AHM melontarkan jurus menjemput bola mendatangi perusahaan yang memiliki segmen sesuai dengan CS1 yakni para profesional di perkotaan. Program yang diberi label Konvoy Seru, Lunch Bareng Sambil Jajal Kehebatan Honda CS 1 tersebut bakal digelar di tiga kota besar yakni Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Sebagai pembuka, program dimulai Selasa, menggandeng komunitas pengguna CS1 dan karyawan PT Indosat Tbk. "Kami diajak Astra Honda Motor untuk menularkan pengalaman seputar mengendarai CS1," papar Rizal, ketua pelaksana harian Honda City Sport Team (HCST), di Jakarta. HCST yang memiliki sekitar 1.200 anggota digandeng AHM untuk mendongkrak citra motor berkapasitas 125 cc itu.

"AHM menawarkan ke komunitas motor di kantor-kantor untuk menjajal CS1, kemudian ditutup dengan makan siang," ujar Judhy Goutama, senior manager Promotion & Network Development Department Marketing & Product Development Division PT AHM.

Menurut dia, HCST memiliki pengetahuan yang bisa dibagikan kepada calon konsumen. "Terpenting adalah pencitraan mengenai motor ini," kilah Judhy, ketika disinggung soal keterkaitan program dengan target mendongkrak penjualan.


Tiga Varian

Segmen sport perkotaan saat ini diramaikan oleh beberapa varian di antaranya adalah Honda CS1, Kawasaki Athlete, dan Suzuki Satria.

Pada 2008, dari total 166.293 unit penjualan city sport, Honda CS1 yang baru diluncurkan April 2008, menguasai 52,2% pangsa pasar. Pemimpin pasar sebelumnya, yakni Suzuki Satria menguasai 43,6% dan Kawasaki Athlete menguasai 4,2%. (lihat tabel)

Konsumen di level ini umumnya membeli sepeda motor atas pertimbangan kualitas dan gaya hidup. Karena itu, proses pembelian umumnya didahului dengan membandingkan kualitas tiap produk.

Hampir semua ATPM optimistis volume penjualan mereka dapat bertumbuh. "Pada 2009 target kami sekitar 40 ribuan, sedangkan 2008 sekitar 30 ribuan," ujar Manajer Pemasaran dan Pengembangan Riset PT Kawasaki Motor Indonesia Freddyanto Basuki, saat dihubungi Selasa. Sedangkan untuk Kawasaki Athlete, pada 2008 terjual sebanyak 6.891 unit. Produk ini merupakan pemain nomor buncit dalam segmen sport perkotaan karena baru diluncurkan Mei 2008.

Dari segi harga, tiga varian segmen sport perkotaan cukup bersaing. Kawasaki Athlete dibanderol Rp 14 juta, sedangkan Honda CS1 dibanderol sekitar Rp 17 juta, dan Suzuki Satria sekitar Rp 17 juta. (ed)

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian