Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Selasa, 17 Maret 2009

Utilisasi Industri Motor 58%


Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Gunadi Sindhuwinata, mengatakan, utilisasi industri sepeda motor di Tanah Air pada 2009 ditaksir hanya 58%. "Tahun 2008 kapasitas produksi yang terpakai mencapai 84% dengan total produksi 6,3 juta unit. Tahun 2009 kami perkirakan turun 30-40%," kata Gunadi pada seminar Prospektif Bisnis 2009 di Jakarta, Selasa (17/3). Menurut dia, jika dilihat dari Produk Domestik Bruto (PDB) yang mencapai US$ 1.600 per kapita per tahun atau sekitar Rp 1,5 juta per bulan, ternyata sulit bagi masyarakat untuk bisa mengkredit sepeda motor. "Jika dilihat GDP ternyata memang tidak ada sisa lagi uang untuk kredit motor setelah kenaikan harga BBM," ujar Gunadi, seperti dilansir Antara. Ia mengharapkan selain pemerintah memperhatikan stimulus fiskal juga dapat memperhitungkan stimulus moneter. Selain memberikan keringanan pajak dan penanggungan Bea Masuk dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) juga perlu diperhatikan tingkat suku bunga pinjaman bank. "Pemerintah harus memperhatikan BI Rate dan suku bunga perbankan karena sangat berpengaruh pada daya beli". Ia mengatakan, saat ini Indonesia memiliki 16 unit perakitan sepeda motor, 236 unit industri penunjang, dan 8.005 unit dealer atau bengkel sepeda motor. Dengan jumlah investasi mencapai US$ 7 miliar sektor ini mampu menyerap 308.100 tenaga kerja. Saat ini, Gunadi mengatakan, total kapasitas terpasang industri sepeda motor Indonesia mampu memproduksi 7,5 juta unit kendaraan. Dengan kondisi itu Indonesia menjadi pemain nomor satu di Asean dan nomor tiga di dunia setelah Cina dan India. (ed)

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian