Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Selasa, 21 April 2009

Beli Motor Dapat Laptop


foto:edo

BELI sepeda motor dapat hadiah jaket dan helm sudah biasa. Tapi, beli motor dapat laptop dan dapat akses internet gratis, tergolong langka. Bahkan, nyaris tidak ada.

Peluang itulah yang dimanfaatkan oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) Divisi Regional V Jawa Timur (Jatim) dan distributor sepeda motor Yamaha di Jatim.


Para pengendara sepeda motor (bikers) saat ini memang banyak yang sudah melek teknologi informasi. Terlebih mereka yang berdomisili di kota-kota besar. Tengok saja komunitas atau klub motor yang memanfaatkan jaringan itnernet sebagai alat komunikasi dan informasi. Umumnya, dari sekitar enam ribuan kelompok motor di Tanah Air, memiliki jaringan surat elektronik (mailing list/milist). Belum lagi pemanfaatan fasilitas blog dan yang termutakhir dan sedang populer adalah fasilitas jejaring facebook.


Jurus para pedagang sepeda motor merengkuh konsumen memang beragam. Potensi pasar Indonesia masih cukup menggiurkan. Populasi sepeda motor saat ini ditaksir sekitar 40-an juta unit. Dibandingkan jumlah penduduk yang mencapai sekitar 250-an juta jiwa, potensi pasar sepeda motor masih cukup seksi. Pada 2008, para agen tunggal pemegang merek (ATPM), melego sekitar enam juta unit, naik signifikan dibandingkan setahun sebelumnya yang berkisar empat jutaan unit. Tahun ini, ditaksir melorot menjadi sekitar empat jutaan unit. Tetap saja, suatu angka yang menggiurkan bagi para pabrikan.


Kembali soal iming-iming dalam strategi marketing, jurus yang dilontarkan Telkom dan distributor Yamaha cukup menarik.


Dirut PT Surya Timur Sakti Jatim (main dealer Yamaha) Robert Tansil mengaku, jika paket bundling MX-Speedy Edition tersebut merupakan pilot project. Jika respons pasarnya bagus, program ini menjadi program nasional. ''Program ini saling menguntungkan. Semua show room Yamaha di Jatim yang jumlahnya 163 akan diberi hot spot. Pemilik Yamaha yang datang ke show room bisa menunggu sambil menggunakan internet,'' ujarnya, seperti dikutip Investor Daily, edisi Selasa (21/4).


Menurut Robert, sepeda motor MX yang dipilih untuk bundling sesuai dengan tema teknologi yang diusung Yamaha. Dia optimistis dalam waktu tiga bulan, target penjualan Yamaha MX akan mencapai 1.000 unit. Bagi pembeli pertama akan mendapat helm racing dan jaket berdesain bundling.


“Kami optimistis untuk seluruhnya bisa naik 15%. Dari kenaikan itu paket bundling ini kontribusinya bisa sekitar 10%,'' katanya.


Secara nasional, Yamaha berada di posisi kedua, setelah Honda dalam penguasaan pangsa pasar sepeda motor.


Sementara itu, Telkom Divre V Jatim menjelaskan, paket bundling mereka bagian dari upaya mengembangkan penetrasi pasar internet. Paket bundling itu berupa sepeda motor Yamaha dan notebook Acer. Paket bundling seharga Rp 20 juta itu ditargetkan bisa terjual sedikitnya 7.500 unit selama setahun.


''Kalau beli Yamaha MX normalnya Rp 15 juta per unit. Dengan paket Rp 20 juta, dapat motor, laptop Acer dan akses internet Speedy. Kami optimistis paket bundling ini akan diminati masyarakat,” kata Executive General Manager (EGM) Telkom Jatim Triana Mulyatsa di Surabaya.


Telkom mengharapkan, penetrasi pasar Speedy di Jatim ke depan, sekitar 15% akan disumbang lewat paket bundling ini. Paket ini akan melengkapi sejumlah program Telkom yang mengajak masyarakat melek internet, seperti Kampoeng Speedy. (edo)


0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian