Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Rabu, 22 April 2009

Sebulan, Penjualan Suzuki Skydrive 12 Ribu Unit



PENJUALAN Suzuki Skydrive, skuter otomatik (skutik) terbaru keluaran Suzuki, langsung menembus 12 ribu unit per bulan. Angka ini melewati penjualan dua senior Skydrive yakni Skywave dan Spin.

“Respons masyarakat cukup bagus. Dari 12 ribu unit yang kami produksi, hampir semua terserap pasar. Semua sudah berjalan sesuai dengan target kami,” ujar Manajer Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), agen tunggal pemegang merek (ATPM) motor Suzuki, di Jakarta, baru-baru ini.
Berdasarkan data yang dihimpun SIS, rata-rata penjualan Skywawe dan Spin masing-masing hanya 5.000 unit dan 3.000 unit. Edi menilai, lonjakan penjualan Skydrive dipicu kebiasaan konsumen motor Indonesia yang kerap memburu motor-motor yang baru diluncurkan. Skydrive diluncurkan pada 30 Maret 2009.
Selain itu, papar Edi, turunnya bunga cicilan juga memompa penjualan Skydrive. Edi mencatat, posisi bunga cicilan efektif saat ini mencapai 25%, turun dibanding posisi sebelumnya sebesar 27%. Penurunan ini membantu penjualan karena 80% pembelian motor digunakan dengan cara kredit dengan bantuan perusahaan pembiayaan (leasing).
“Pemilu yang berjalan dengan lancar juga cukup positif bagi perkembangan pasar,” paparnya.
Edi menambahkan, SIS akan mencoba menggenjot produksi dari 12 ribu unit menjadi 15 ribu unit dalam beberapa bulan ke depan. “Yang pasti kisaran penjualan akan berada di kisaran 12-15 ribu unit per bulan. Kami optmistis target ini dapat dicapai,” tandas Edy.
Hingga kuartal pertama tahun ini, penjualan skutik Suzuki mencapai 27.859 unit, merosot 48% dibanding periode sama tahun lalu sebesar 54.097 unit. Pangsa pasar Suzuki di segmen skutik tercatat mencapai 6,4%.
Total penjualan Suzuki per Maret 2009 anjlok 59% menjadi 82.716 unit dengan pangsa pasar 6,8%. 2W Marketing Department Head SIS Morio Omanyuda sebelumnya menyatakan, tahun ini Suzuki mengincar 15% pasar motor nasional, naik dibanding posisi tahun lalu sebesar 12,7%. “Dengan adanya tambahan model baru, kami yakin pangsa pasar kami dapat naik,” ujar Morio.
Tahun ini, ujar Morio, Suzuki menargetkan penjualan mencapai 700 ribu unit dengan asumsi pasar motor mencapai 4,7 juta unit. Dari jumlah itu, sekitar 350 ribu unit penjualan Suzuki akan diisi oleh skutik sedangkan sisanya oleh bebek dan sport.
Morio menuturkan, di segmen skutik, Suzuki menargetkan pangsa pasar mencapai 15% dari sebelumnya 13,4% pada 2008. Saat ini, kata Morio, hanya Suzuki yang memiliki tiga portofolio di segmen skutik yakni Spin, Skywave dan Skydrive. Sedangkan kompetitor seperti Yamaha dan Honda hanya memiliki dua portofolio di segmen skutik. (coy)







0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian