Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Senin, 04 Mei 2009

Penjualan Motor Merosot 29%


Penjualan motor domestik secara wholesales (pengiriman motor dari pabrik ke dealer) sepanjang April 2009 merosot 29% dibanding bulan sama tahun lalu menjadi 385.606 unit dari sebelumnya 542.750 unit. Kontraksi pasar pada bulan lalu merupakan yang tertinggi sepanjang tahun ini.

Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM), agen tunggal pemegang merek (ATPM) motor Honda, menilai, penurunan pasar yang tajam ini dipicu aksi Honda selaku pemimpin pasar motor nasional mengurangi posisi stok di dealer. Hal ini terbaca dari rendahnya penjualan wholesales Honda yang hanya 155.789 unit, turun 24% dibanding bulan sebelumnya 204.352 unit.

Pemangkasan stok, ujar Julius, demi menyehatkan posisi stok di dealer. Dia mencatat, stok Honda berada di atas satu bulan pada April, sehingga harus diturunkan. “BI Rate memang sudah turun 200 basis poin menjadi 7,5% namun perusahaan leasing belum menurunkan bunga sehingga penjualan belum membaik,” ujarnya, ketika dihubungi di Jakarta, Senin (4/5).

Berdasarkan data yang dihimpun dari beberapa agen tunggal pemegang merek (ATPM) motor, Yamaha berhasil membukukan penjualan tertinggi sebesar 189.082 unit disusul Honda 155.789 unit, Suzuki 36.901 unit dan Kawasaki sebesar 3.834 unit. Kesuksesan Yamaha menggusur Honda di posisi pertama merupakan yang pertama dalam tahun ini.

Tahun 2008, Yamaha menyalip Honda pada Desember. Hal serupa pernah dilakukan Yamaha pada Maret dan Juli 2007.

Wakil Presiden Direktur PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) Dyonisius Beti mengibaratkan persaingan antara Honda dan Yamaha sperti aksi balap Valentino Rossi (Fiat Yamaha) dan Dani Pedrosa (Repsol Honda) di sirkuit Jerez, Spanyol, akhir pekan lalu. Pedrosa yang pada awal pertandingan sempat memimpin akhirnya disalip Rossi di sisa 10 lap balapan.

“Perlahan-lahan Rossi menyusul Pedrosa. Rossi menang dan Yamaha juga ikut menang. Mungkin ini bukan sekedar kebetulan,” paparnya.

Julius Aslan menyatakan, AHM akan menambah pasokan motor ke dealer mulai bulan ini. Namun dia menolak menyebutkan berapa target wholesales Honda bulan ini. “Kemungkinan akan mendekati level Maret,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Direktur PT Astra Honda Motor (AHM), produsen motor Honda, Miki Yamamoto menerangkan, industri motor nasional mengalami kelebihan stok sepanjang kuartal pertama tahun ini. Beberapa produsen motor diduga sengaja memasok motor dalam jumlah banyak ke dealer hanya untuk gengsi semata.

Tingginya stok di pasar membuat para dealer terdorong untuk melakukan praktik banting harga (diskon). Efeknya, nilai jual kembali (resale value) motor dapat anjlok. “Kami tidak ingin hal ini terjadi pada Honda. Yang terpenting bagi kami adalah menjalankan bisnis dengan sehat bukan semata mengejar market share,” ujar Miki.

Pasar motor hingga April 2009 tercatat anjlok 18,5% menjadi 1.603.810 unit dibanding periode sama tahun lalu sebesar 1.969.340 unit. Miki Yamamoto memprediksi penjualan motor tahun ini akan mencapai 5 juta unit, turun 19% dibanding 2008 sebesar 6,2 juta unit. Sedangkan penjualan Honda diprediksi melorot 17% menjadi 2,3 juta unit dibanding 2008 sebanyak 2,8 juta unit.

Per April 2009, penjualan Honda tercatat turun 17% menjadi 740.312 unit dengan pangsa pasar 46,2%. Sedangkan penjualan Yamaha terpangkas 7% menjadi 728.635 unit dengan pangsa pasar 45,4%. Sedangkan pangsa pasar Suzuki tercatat mencapai 7,5% disusul Kawasaki sebesar 0,8%. (coy)

1 komentar:

Say4Deen mengatakan...

Dengan stok yang ada sekarang aja (ready stock untuk dua bulan ke depan), dealer Honda pada teriak. Mau digelontorkan berapa lagi Bung Jul???

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian