Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Jumat, 05 Juni 2009

Kerugian Akibat Kemacetan Jakarta Rp 43 Triliun

BAYANGKAN! Kemacetan di Jakarta ternyata menimbulkan kerugian sekitar Rp 43 triliun per tahun. Kemacetan timbul karena lalu lintas di jalan Ibukota amat semrawut. Para pengguna jalan saling serobot. Jumlah lebar dan panjang jalan dan sebanding dengan pertumbuhan penjualan otomotif.

Apa saja unsur kerugian itu? Pengamat dari Universitas Indonesia, Andrinof Chaniago, menyebutkan, kerugian itu karena belanja boros akibat kemacetan. Belanja yang dimaksud adalah belanja onderdil yang meningkat, pembelian bahan bakar minyak (BBM) serta timbulnya penyakit fisik dan psikis.
Bikers boleh jadi kelompok pengguna jalan yang banyak ketimpa penyakit, setidaknya penyakit infeksi saluran pernafasan atas (ISPA), stress, dan penyakit kulit. Maklum, bikers harus menghirup debu dan asap dari knalpot mobil dan motor. Belum lagi sengatan cahaya matahari. Stress menjadi akrab bagi bikers.

Bagi Andrinof, walaupun secara statistik pendapatan mereka meningkat, tapi efek dari kemacetan membuat masyarakat menengah ke bawah harus terbebani pengeluaran tambahan. "Meningkatnya pendapatan masyarakat tidak serta-merta harus dicerna begitu saja, sebab justru mereka harus menanggung kerugian akibat kemacetan," ungkap dosen ilmu politik Universitas Indonesia tersebut.
seperti dilansir Antara, baru-baru ini, asumsi peningkatan pendapatan masyarakat yang banyak diklaim selama ini hanya sebatas retorika. "Dari segi ekonomi, memang terlihat pendapatan warga meningkat, tetapi jam kerja juga bertambah. Jadi, saya melihat, pendapatan masyarakat tidak meningkat," kata Andrinof.

Beban bikers masih ada lagi. Bahaya kecelakaan. Untuk yang satu ini, fakta membeberkan, jumlah bikers yang tewas sepanjang Januari-Mei 2009 di Jakarta meningkat 21,4% dibandingkan periode sama 2008. Belum lagi yang celaka. Wah, cilaka dua belas, sudah pengeluaran finansial digerogoti, eh...ancaman keselamatan selalu mengintai. (edo)

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian