Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Senin, 27 Juli 2009

Motor Premium Diburu Konsumen


foto: Minevers Coffeeshop

MOTOR premium dengan harga di atas Rp 40 juta menjadi buruan penggila motor nasional. Beberapa agen tunggal pemegang merek (ATPM) sepeda motor yang memasarkan motor premium kebanjiran order.
PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) ATPM motor Suzuki sukses menjual 71 unit motor premium hingga Juni tahun ini. Angka ini telah melewati torehan penjualan pada tahun lalu sebesar 29 unit.
PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), ATPM Kawasaki, sukses menjual 5.616 unit Ninja 250R yang dilepas di harga Rp 46,5 juta. Sukses memasarkan Nina 250, Kawasaki termotivasi untuk merakit dua varian moge lainnya, yakni Ninja 650-R dan ER6-R.
Manager Marketing Promotion & Dealer Development SIM Edi Darmawan menyatakan, segmen motor premium sangat terbatas. Meski pasarnya kecil, Suzuki terus berkomitmen untuk terus melepas produk-produk unggulan bagi konsumen. Saat ini Suzuki memasarkan 11 tipe motor premium di antaranya GSX1300R, GSX-R600, GSX1300BK, GSR600, Bandit, Burgman 650, Gemma, DR-Z400S, B-King, JR80, dan LT-Z50.
“Secara total sekitar 10-20 unit per bulannya, penjualan masih didominasi oleh produk GSX-600 (Rp 240 juta) sebagai produk impor terlaris. Mungkin banyak yang bercita-cita menjadi pembalap," paparnya di Jakarta, baru-baru ini.
Pihak SIM berharap kehadiran motor premium dapat mengangkat citra Suzuki di pasar motor Indonesia. Pihak SIM menjamin ketersediaan suku cadang dan layanan purna jual untuk bersaing dengan kalangan importer umum yang juga memasarkan motor impor Suzuki.

Rakit Moge
Sementara itu, KMI berencana merakit Ninja 650-R dan ER6-R pada 2010. Ninja 650 adalah motor gede (moge) dengan fairing, sedangkan ER6 adalah moge telanjang (naked bike)
Manager Marketing & Research Development KMI Freddyanto Basuki mengatakan, KMI kini melakukan studi kelayakan (feasibility study) untuk merealisasikan ini rencana ini. KMI memperkirakan dana untuk merakit moge ini sekitar Rp 2-3 miliar dengan kapasitas 100 unit per tahun.
Dia menuturkan, harga dua moge ini sekitar Rp 130 jutaan jika diimpor dalam bentuk utuh (completely built up/CBU) dari Thailand. Harga, kata dia, dapat dipangkas menjadi Rp 100 juta jika dapat dirakit di Indonesia. ”Bayangkan saja, motor berkapasitas mesin 650 cc dijual dengan harga segitu, pasti akan bagus permintaannya," tukasnya.
Selain dua ATPM motor Jepang ini, PT Minerva Motor Indonesia (MMI), ATPM Minerva, juga mereguk berkah dari kecenderungan konsumen memburu motor dengan kapasitas mesin di atas 200 cc. Di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2009, MMI mengandalkan Megelli 250R dan 250M untuk mendulang penjualan.
“Kalau PRJ lalu, kami mampu menjual 1.600 unit, ini diluar espektasi kami yang hanya menargetkan 1.000 unit. Tapi kalau untuk IIMS, kami menargetkan 500 unit lah dalam 10 hari pameran,” papar Sales and Marketing Divisi Head MMI Kristianus J Sarumaha.
MMI melepas Megelli 250M dan 250R masing-masing Rp 26,9 juta dan Rp 28,9 juta. (coy)

sumber; Investor Daily

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian