Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Rabu, 19 Agustus 2009

Saum Kian Mendisiplinkan Perilaku Bikers


foto:edo

BERKENDARA sepeda motor saat Ramadhan menjadi tantangan tersendiri bagi bikers. Situasi lalu lintas (lalin) jalan yang padat semrawut, suhu udara yang panas, debu yang beterbangan, dan ulah ugal-ugalan pengguna jalan, menjadi godaan bikers yang menjalani ibadah saum (puasa).
Tahun ini, awal Ramadhan, atau bulan puasa jatuh pada 21 Agustus dan Idul Fitri pada 21-22 September. Sebulan penuh ibadah puasa dari sekitar pukul 04.00 WIB hingga buka puasa sekitar pukul 18.00 WIB, harus mendorong para bikers kian waspada. Maklum, dengan perut kosong dan ancaman dehidrasi, emosi bikers mudah tersulut. Di sinilah peran para penggiat berkendara yang aman dan selamat (safety riding) untuk terus
mengingatkan para bikers agar mampu meredam emosi saat berkendara.
Emosi yang tidak stabil dikhawatirkan mengganggu konsentrasi saat berkendara. Gangguan tersebut bisa memicu melebarnya peluang kecelakaan di jalan.
Ibadah saum pada hakekatnya mendorong setiap muslim menjadi lebih sabar dalam menghadapi segala godaan. Termasuk godaan yang muncul di jalan. Merujuk pada substansi ibadah saum itu, para bikers bisa mewujudkan disiplin saat berkendara. Lalu lintas jalan bisa menjadi lebih nyaman. Bersahabat, santun di jalan. (edo rusyanto)

4 komentar:

Sofyan Hadi mengatakan...

Semoga dibulan suci ramadhan bikers mampu menahan hawa nafsu, termasuk menahan emosi saat berkendara. Dan bisa menjadi bulan belajar nahan emosi sehingga bisa digunakan pada bulan-bulan lainnya. Amin.

Thanks bro Edo udah mengingatkan.

Edo Rusyanto mengatakan...

amin...

Andi Fachrul Destama mengatakan...

Yg paling susah nahan nafsu klo berkendara, ngeliat ada orang jualan es cendol di trotoar jalan...
hahahahha... :D
jadi haus...
http://fachrulx2.wordpress.com

Edo Rusyanto mengatakan...

bisa aja bro, he he he

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian