Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Minggu, 06 September 2009

Sepasang Bikers Tewas Saat Menyalip


foto:edo


NAAS benar nasib Bambang Soetrisno (62) dan Ahmad Priyo R (56). Kakak beradik warga Kabupaten Brebes, Jawa Tengah itu, meregang nyawa saat sepeda motornya ringsek dihajar truk. Penabrak melarikan diri.
"Pengendara sepeda motor berboncengan itu menyalip saya, tapi tak beberapa lama kemudian ditabrak truk dari arah berlawanan, truknya melarikan diri," kata Satrio yang mengemudikan mobil pengangkut elpiji, yang menjadi saksi atas peristiwa itu, di Brebes, Kamis (3/9).
Seperti dilansir Antara, tabrak lari pada Kamis siang itu terjadi di Jalan Raya Desa Kajen, Brebes, sekitar 50 meter dari stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Desa Kajen.
Korban dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Dokter Soeselo Slawi untuk otopsi.
Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Tegal, AKP Valentinus Virasandy Asmoro, mengatakan, pihaknya masih menyelidiki kasus tabrak lari itu. "Kami akan menyelidiki kasus ini dan ini murni kecelakaan tabrak lari," katanya.

Ragu-ragu Tunggu
Perilaku bikers saat mendahului kendaraan (menyalip) kerap memicu kecelakaan. Awal tahun ini, adik dari rekan saya harus menemui ajal saat menyalip sedan Honda Jazz di kawasan Ciputat, Jaksel. Malang nian nasib sang adik itu, saat menyalip dari arah berlawanan ada pick up Suzuki Carry yang tidak memberinya ruang sehingga terjadi benturan.
Karena itu, upayakan ketika menyalip kepastian ruang yang tersedia cukup memadai bagi sepeda motor. Selain ruang, pastikan dari arah berlawanan tidak ada kendaraan yang menutup ruang tersebut. Saat menyalip hendaknya dari arah kanan kendaraan di depan kita dan berilah kode lampu isyarat bahwa kita akan mendahului kendaraan tersebut. Kondisi gigi sepeda motor dalam posisi dua atau tiga, jangan terlalu tinggi misalnya empat atau lima. Dengan posisi gigi dua, sepeda motor relatif bisa ditambah kecepatannya jika kondisi memaksa.
Apabila hasil analisis medan atau ruang di depan kendaraan yang akan disalip masih membingungkan, atau membuat ragu-ragu, tidak ada salahnya menunggu di belakang kendaraan tersebut. (edo rusyanto)

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian