Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Senin, 26 Oktober 2009

Honda Ekspansi Rp 1 Triliun


desain grafis:bimo

PASAR sepeda motor Indonesia masih amat menggiurkan. Saking empuknya, para agen tunggal pemegang merek (ATPM) berlomba-lomba memperkuat basis produksi mereka. Tentu saja, didukung oleh para prinsipal mereka.
Salah satu yang cukup agresif adalah Honda Motor Co (HMC), Jepang. Di Indonesia, HMC menggandeng PT Astra International Tbk (AI) membentuk PT Astra Honda Motor (AHM).
HMC berniat menambah kapasitas produksi AHM dari 3 juta unit per tahun pada saat ini, menjadi sekitar 3,6 juta unit per tahun pada 2011. tak tanggung-tanggung, dana yang mereka investasikan sekitar 10 miliar yen atau setara sekitar US$ 109 juta alias sekitar Rp 1 triliun dengan asumsi kurs Rp 10 ribu per dolar AS.
Seperti dikutip Nikkei, Tokyo, Senin (26/10), investasi tersebut digelontorkan untuk merespons pasar sepeda motor Indonesia yang masih terus bertumbuh. Indonesia saat ini pasar sepeda motor terbesar ketiga di dunia setelah Cina dan India.
Dalam lima tahun terakhir, pasar Indonesia menyerap 24,45 juta unit sepeda motor, sedangkan India dan Cina, masing-masing sebesar 36,40 juta unit dan 108,21 juta unit. Tahun lalu, prosentase pertumbuhan Indonesia mencapai 32% atau lebih tinggi dibandingkan India dan Cina yang masing-masing 2,5% dan 18,3%. Tak heran, Indonesia masih menjadi pasar yang sexy.

Honda Masih Dominan
Amat lumrah jika HMC berniat ekspansi. Tahun 2008, AHM menguasai 46,2% pangsa pasar domestik atau setara dengan penjualan 2,87 juta unit sepeda motor. Rival terdekat mereka adalah Yamaha dengan pangsa pasar 39,7% setara dengan 2,46 juta unit.
Sepanjang Januari-September 2009, AHM sudah melego 1,89 juta unit, dengan penguasaan pangsa pasar 45,8%. Sedangkan Yamaha yang diageni PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) mengguyur pasar 1,87 juta unit, dengan pangsa pasar 45,2%.
Sepanjang lima tahun terakhir, AHM menjual sebanyak 11,89 juta motor Honda. Pada akhir September 2009, AHM bahkan telah memproduksi lebih dari 25 juta unit sepeda motor, dan mencanangkan produksi ke-30 juta pada 2011. tahun lalu, pertumbuhan penjualan AHM mencapai 33,3%.
Sebelumnya, seperti dikutip Investor Daily, Managing Director Asia and Oceania HMC Fumihiko Ike memberi bocoran bahwa pihaknya berencana menambah kapasitas produksi khusus produksi skuter otomatik (skutik).
Dengan asumsi investasi anyar mereka sekitar Rp 1 triliun sepanjang tahun ini hingga 2011, tak dipungkiri, langkah Honda itu untuk kian memperkuat daya cengkeram mereka di pasar domestik. Rivalitas penguasaan pangsa pasar sepeda motor di Tanah Air, masih berkutat di kalangan prinsipal asal Jepang. Selain Honda dan Yamaha, penguasa pangsa pasar lainnya adalah Suzuki dan Kawasaki. (edo rusyanto)

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian