Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Jumat, 23 Oktober 2009

Yamaha Melenggang di Pasar Skutik


foto:edo

TREN scooter automatic alias skutik yakni sepeda motor bertransmisi otomatis terus membubung di pasar domestic. Pangsa pasar skutik pada Januari-September 2009 naik menjadi 37,3 % dari 24,4% pada periode sama 2008.

Lima tahun terakhir, tren skutik luar biasa. Tipe motor yang pada awal 2000-an populer ditujukan untuk konsumen wanita, kini sudah meruyak ke segala jenis usia, termasuk para pria. Jika pada 2005 pangsa pasarnya baru 0,22%, setahun kemudian melesat menjadi 8,30%, dan terus meningkat pada 2007 yakni menjadi 17,97% dan puncaknya pada 2008 menjadi 26%.

Korbannya bisa ditebak. Segmen underbone alias bebek. Pangsa pasar sepeda motor bebek dalam lima tahun terus merosot. Jika pada 2005 masih menguasai 92,38%, pada 2008 tinggal 65,70%. Sementara itu, jenis sport relatif stabil bahkan menguat sedikit dari 7,40% pada 2005 menjadi 8,30% pada 2008.


Kekuatan Yamaha

Tiga besar pemain skutik saat ini adalah Yamaha, lewat PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), lalu Honda via PT Astra Honda Motor (AHM), dan PT Suzuki Indomobil Motor (SIM). Sedangkan sang pionir, Kymco justeru terseok-seok, bahkan sepanjang 2009 tidak lagi berproduksi.

Keempat produsen skutik di atas adalah anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi). Kini, dari empat produsen itu, hanya tiga yang malang melintang memperebutkan pasar domestik. Maklum, Indonesia adalah pasar ketiga terbesar di dunia, setelah Cina dan India. Ketiga negara ini sepanjang 2008 menjual 43,4 juta unit sepeda motor. Indonesia memasok 14,4% dari total penjualan tersebut. Luarrrr biasa. Tak aneh jika Indonesia masih menggiurkan bagi para produsen sepeda motor dunia.

Kembali soal kekuatan Yamaha di pasar skutik domestik. ATPM Yamaha yang memiliki kapasitas produksi skutik sebesar 300 ribu unit per tahun itu, masuk ke segmen skutik mulai tahun 2003. Hingga kini, andalan skutik Yamaha adalah Mio dan Mio Soul.

Sepanjang Januari-September 2009, Yamaha menguasai 54,4% pangsa pasar skutik. Di posisi kedua, Honda dengan pangsa pasar 37,2%, lalu Suzuki sebesar 8,5%. Kompetitor Yamaha, yakni Honda mengepung pasar dengan tiga varian yakni Beat, Vario, dan Vario Techno. Sedangkan Suzuki mengguyur pasar dengan Spin, Skywave, dan Skydrive.

Otot Yamaha di pasar skutik masih pada produk Mio, di belakangnya adalah Honda Beat dan Honda Vario. Sementara itu, skutik Suzuki masih terseok-seok mengejar kedua seniornya tersebut. (edo rusyanto)

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian