Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Selasa, 27 Januari 2009

AHM Patok Pangsa Pasar 48%


Manajemen PT Astra Honda Motor (AHM) mematok target penguasaan pangsa pasar sepeda motor sebesar 47-48%. Tahun lalu, dari total pasar 6,21 juta unit, pangsa pasar AHM 46,2%.
“Tahun ini kami memperbesar pangsa pasar karena strategi kami makin kuat,” papar Johannes Loman, direktur pemasaran PT AHM, kepada wartawan, di Jakarta, Selasa (27/1).
Salah satu strategi AHM, jelas Loman, adalah dengan memperkuat kualitas layanan jaringan dan memproduksi produk baru yang sesuai ekspektasi konsumen. Sepanjang tahun ini, jelas dia, pihaknya bakal memiliki 13 item produk. Mulai dari segmen sepeda motor bebek, skutik hingga kategori sport. ”Tahun lalu, jumlah item produk kami sebanyak 10 jenis,” papar dia.
Loman memperkirakan, jika pertumbuhan penjualan sepeda motor stabil sepanjang tahun ini, total volume yang diserap pasar bakal mencapai 5 jutaan unit. “Bahkan bisa saja mencapai 6 juta unit,” tegas dia.
Ia menjelaskan, penjualan sepeda motor sepanjang Januari 2009 ditaksir bakal menyentuh angka 425 ribu unit. Sementara itu, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi) sebelumnya memperkirakan penjualan sepeda motor nasional pada 2009 sebanyak 4-4,5 juta unit.
Terkait peningkatan kualitas layanan, Loman menjelaskan, PT AHM terus memperbaiki sistem pelayanan di bengkel milik mereka yakni AHASS. ”Saat ini, jaringan AHASS kami mencapai 3.800 unit,” papar dia. Loman menambahkan, jaringan penjualan anak usaha PT Astra International Tbk itu mencapai 1.600 unit, sedangkan jaringan penjualan suku cadang mencapai 6.500 unit.
Menurut dia, sepanjang 2009, pihaknya tidak menggenjot penambahan jaringan. ”Sekalipun ada penambahan jumlahnya tidak banyak. Itupun untuk daerah-daerah yang belum terjangkau (blankspot),” tutur Loman.

Jawa Terbesar
Sementara itu, General Manager Motorcycle Marketing Division AHM Sigit Kumala menambahkan, dari total 2,8 juta unit penjualan AHM pada 2008, kontribusi penjualan terbesar dari kawasan Jabodetabek. ”Di luar itu adalah kawasan Jawa Timur dan Jawa Barat,” jelas Sigit. Sedangkan untuk kawasan Sumatera, kata dia, kontribusinya saat ini sekitar 20% dari total penjualan. Ia menuturkan, saat harga komoditas melambung beberapa waktu lalu, kontribusi penjualan wilayah Sumatera sempat menembus 30%.
Loman menambahkan, pihaknya pada Februari 2009 bakal menaikkan harga sekitar 1%. ”Kenaikkan tidak bisa dibendung karena fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS masih melemah,” ujar dia.PT AHM dikabarkan bakal mengeluarkan tujuh produk baru pada 2009. (edo rusyanto)

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian