Info : Silahkan klik di SINI untuk membaca artikel versi wordpress dari Edo Rusyanto

Minggu, 01 Februari 2009

Industri Motor PHK 1.000 Pegawai



Industri motor nasional diprediksi bakal melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) hingga 1.000 orang pada 2009. Langkah ini terpaksa dilakukan pabrikan menyusul penurunan pasar motor nasional sebesar 30% menjadi 4,5 juta unit dibanding 2008 sebesar 6,2 juta unit.

Wakil Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Siswanto Prawiroatmojo mengatakan, total tenaga kerja di seluruh lapisan industri sepeda motor nasional sekitar 100 ribu orang. Dia memperkirakan PHK di sektor motor akan terjadi meski jumlahnya tidak massal.

”Kalau diperkirakan PHK bisa terjadi sekitar 5-10% dari total jumlah pekerja,” papar dia di Jakarta, akhir pekan lalu.

Menurut Siswanto, selain menekan kinerja produsen motor, anjloknya pasar motor juga akan memukul industri komponen. Akibatnya, produsen motor dan komponen terpaksa memangkas jumlah karyawan untuk mengurangi ongkos produksi.

Siswanto berharap harga komoditas primer seperti kelapa sawit, coklat dan kopi segera bangkit kembali (rebound). Sebab, hal ini akan menguatkan daya beli masyarakat sehingga penjualan motor ikut terkerek.

PHK Kanzen

Sejauh ini PHK telah dilakukan PT Inti Kanzen Motor (IKM) selaku produsen motor Kanzen. Menurut pengakuan Presiden Direktur IKM ARI H Soeroso, Kanzen telah mem-PHK sekitar 120 orang di pabrik dari total 500 karyawan sejak awal tahun ini. PHK dilakukan terhadap karyawan kontrak dan beberapa karyawan tetap. ”Kami menawarkan paket pensiun dini bagi beberapa karyawan tetap,” katanya.

Menurut Ari, produksi Kanzen anjlok 76% menjadi 239 unit dibanding bulan sebelumnya sebanyak 1.000 unit. Ari menilai, pemangkasan produksi pada Desember merupakan hal yang normal. Sebab, dari tren-tren penjualan pada tahun-tahun sebelumnya, penjualan pada bulan itu biasanya cenderung melemah.

Apalagi, kata Ari, perusahaan pembiayaan menaikkan uang muka dan bunga cicilan motor cukup besar sejak Oktober. Hal ini semakin memperparah penurunan penjualan. Selain itu, rontoknya harga komoditas telah memukul daya beli petani di tempat sentra utama pemasaran Kanzen seperti di Sumatera.

Meski produksi turun tajam Desember, kata Ari, Kanzen masih sanggup membukukan penjualan positif pada 2008. Ari mencatat, penjualan Kanzen tahun lalu meningkat 10% menjadi 32.128 unit dibanding 2007 sebanyak 29.137 unit.

IKM, kata Ari, akan menggenjot produksi hingga 323% menjadi 1.000 unit pada bulan ini. Dia memperkirakan total penjualan Kanzen pada tahun ini terpangkas 6,6% menjadi sekitar 30 ribu unit. ”Kami akan melepas beberapa model baru pada tahun ini guna merangsang pasar,” paparnya.

Siswanto Prawiroatmojo yang juga Wakil Presiden Direktur PT Astra Honda Motor, produsen motor Honda, menyatakan, tidak tertutup kemungkinan AHM akan memangkas karyawan jika produksi tidak sanggup menembus 2,1 juta unit. Tahun lalu, penjualan AHM melonjak 33% menjadi 2,8 juta unit dibanding 2007 sebesar 2,1 juta unit.

AHM merupakan pemimpin pasar motor nasional dengan pangsa pasar 46% pada 2008. Tahun ini AHM menargetkan pangsa pasar sekitar 46-48% dari total pasar sebesar 4-5 juta unit. ”Sekenario terburuknya, jika tahun ini perseroan tidak mencapai (produksi) 2,1 juta unit maka akan ada penyesuaian jumlah karyawan sebesar 5% dari total karyawan kami di pabrik,” kata dia.

Total karyawan AHM, kata Siswanto, saat ini mencapai 13 ribu orang dimana sekitar 10 ribu orang di bagian pabrik. Ia menuturkan, AHM telah merampingkan pegawai pada tahun ini. Namun dia membantah jika perampingan dilakukan karena krisis ekonomi. ”Kami sudah tidak memperpanjang kontrak beberapa karyawan (kontrak) yang under perform. Hal ini lumrah dan terjadi setiap tahunnya,” ujarnya. (coy)

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan sahabat ke blog ini, Silahkan tinggalkan komentar,kritik dan saran dibawah ini. Untuk menghindari SPAM mohon isi kata verifikasi sebelumnya,trims.

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright 2009 Edo Rusyanto's Traffic. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan and Arrange by Ian